Waspada Penyebaran Fitnah Terhadap Pemerintah Lewat Artikel Hoax


Jakarta – Media online gelora.co merilis sebuah artikel provokatif tentang ‘Defisit mendekati 3 persen, Jokowi siap-siap dimakzulkan’

Dalam artikelnya, gelora.co mengutip pernyataan sepihak Wakil Ketua Umum Partai Gerindara Arief Poyuono yang menyebut Jokowi sebagai kepala pemerintah, sudah gagal dalam pengelolaan keuangan negara.

Penulis dengan sengaja memperkeruh situasi sosial politik melalui pemberitaan yang tidak akurat sehingga tergolong berita fitnah dan hoax.

Tanpa menggunakan data dan sumber-sumber pembanding yang dapat dipertanggung jawabkan, penulis telah melanggar kaidah-kaidah jurnalistik. Tulisan tersebut bersifat negatif dan berpotensi ciptakan keresahan dan adu domba antara masyarakat dan pemerintah.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan beberapa waktu lalu mengungkap banwa defisit anggaran Indonesia hingga bulan November 2017 adalah 2,2 persen dan jumlah tersebut masih sesuai dengan kisaran amanat UU APBNP 2017 yang memandatkan defisit antara 2,6-2,9 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Realisasi penerimaan perpajakan juga menunjukkan perbaikan yang mengembirakan yang mendorong perbaikan ekonomi 2017.

Perekonomian Indonesia terus bertumbuh, penerimaan pajak tanpa amnesti tumbuh 14,9 persen, pajak orang pribadi tumbuh 46,4 persen, PPH badan 17,2 persen, PPH tambang 70 persen, perusahaan dagang 70 persen, kimia 41 persen, jasa keuangan 12 persen. didorong perbaikan ekonomi 2017.

Pada dasarnya  pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 telah sesuai dengan yang direncanakan.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS