TKN Yakin Ma’ruf sebagai Kiai Dapat Kuasai Debat Ketiga Pilpres


JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga pemilihan presiden pada 17 Maret 2019. Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima, mengatakan, cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin akan tampil menggunakan gayanya sebagai kiai dalam debat ketiga.

Ma’ruf akan menyampaikan jawaban-jawaban dalam debat menggunakan gaya tausiah. “Tetap karakter seorang kiai memberikan tausiah, tapi substansinya adalah konten-konten yang menjadi isi dari tausiahnya. Beliau kan ulama, (gaya tausiah) itu sudah tidak bisa tidak, itu melekat,” kata Aria saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).

Aria yakin, Ma’ruf akan tampil menguasai materi debat. Sebab, tema yang diangkat dalam debat ketiga, yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya, dekat dengan keseharian Ma’ruf sebagai kiai.

Namun, untuk memastikan Ma’ruf tampil dengan baik, Ma’ruf dibekali pendamping khusus yang bertugas untuk menjelaskan capaian-capaian yang sudah dilakukan Jokowi serta kebijakan dan program yang akan datang. Pendamping khusus ini berasal dari tim kampanye hingga akademisi-akademisi dari universitas ternama.

“Jubir-jubir TKN saya juga minta sebagai narsum, dan itu juga bisa diminta (paslon) 02. Juga dosen UI, UGM, sering kami minta untuk mendapat tambahan bekal,” ujar Aria.

Debat ketiga pilpres menampilkan cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Tema debat ketiga ialah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Debat ketiga pilpres akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, dan disiarkan oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS