Terlalu Muluk-muluk Bila Prabowo Beri Janji Surga Mekarkan Papua


JAKARTA – Janji Prabowo-Sandi untuk menyelesaikan masalah di Papua terkait pemekaran wilayah, alokasi otonomi khusus secara permanen dan penempatan putra-putri terbaik Papua di semua kementerian harus dicermati karena merupakan janji palsu.

Pasalnya, pemekaran wilayah tidak hanya karena wilayahnya yang luas namun juga perlu persiapan matang dan kajian mendalam tentang potensi wilayah yang hendak dimekarkan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat, selain itu aspek kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas juga menjadi hal penting agar mendorong perkembangan wilayah yang dimekarkan.

Sementara itu penerapan dana otonomi khusus di Papua secara permanen belum bisa diterapkan karena keterbatasan SDM yang mengelola dana tersebut. Dana tersebut selama ini banyak diselewengkan dan tidak bisa berdampak optimal terhadap kesejahteraan masyarakat Papua, namun pemerintah pusat terus meningkatkan perhatian kepada Papua dengan membangun infrastruktur untuk mendukung peningkatan kehidupan masyarakat Papua.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, saat menghadiri pembekalan caleg Partai Gerindra baru-baru ini di Jayapura. Djoko menyatakan, Prabowo-Sandi telah mendengar dan mencermati aspirasi masyarakat Papua, yang disampaikan oleh Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni dan 29 DPC Gerindra se-provinsi Papua, dalam berbagai kesempatan.

“Prabowo-Sandi bukan hanya mendengar, tetapi juga telah mempelajari secara serius berbagai problem pembangunan yang dirasakan masyarakat Papua. Termasuk, kebijakan-kebijakan yang telah ada sebelumnya, yaitu otonomi khusus Papua,” kata Djoko melalui siaran persnya, Sabtu 23 Februari 2019.

Djoko menyampaikan Prabowo-Sandi melihat permasalahan di Papua, tidak cukup diselesaikan hanya dengan pemberlakuan otonomi khusus, tetapi harus disertai dengan kebijakan-kebijakan strategis yang mampu mendorong efektivitas implementasi otonomi khusus, serta sinergitas strategi dan kebijakan-kebijakan nasional lainnya.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS