Terima Kasih Jokowi! Proyek LRT di Sejumlah Relasi Segera Beroperasi


JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo tidak pernah main-main dalam pembangunan infrastruktur. Bukti infrastruktur yang masif diselesaikan era Jokowi adalah proyek Light Rail Transit ( LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek).

salah satu relasi yang siap untuk dioperasikan adalah Cawang- Cibubur. Hingga 16 Februari lalu, pekerjaan relasi itu sudah lebih dari 50 persen. Artinya, dalam waktu dekat warga yang tinggal di daerah Cibubur dan sekitarnya bisa segera menikmati LRT.

“Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur sudah 56,42 persen,” kata Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto, Senin (26/2/2018).

Budi menambahkan, konstruksi LRT untuk ketiga relasi sudah mencapai 32,83 persen. Relasi Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 16,01 persen. Sementara, relasi Cawang-Bekasi Timur telah mencapai 27,36 persen.

Pembangunan stasiun Selain progres jalur yang positif, saat ini Adhi Karya juga tengah menggenjot pembangunan sejumlah stasiun LRT. Seperti Stasiun Ciracas, Taman Mini, Jati Cempaka, Cikunir 1, Bekasi Barat, dan Bekasi Timur. “Saat ini sudah mencapai pembangunan lantai concourse stasiun,” kata Budi. Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) koridor Cibubur-Cawang di Jakarta, Selasa (27/02/2018).

Pembangunan LRT tersebut ditargetkan rampung pada 2019. Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) koridor Cibubur-Cawang di Jakarta, Selasa (27/02/2018). Pembangunan LRT tersebut ditargetkan rampung pada 2019.

Budi mengatakan, ada sejumlah tantangan yang dihadapi dalam menggarap proyek ini. Mulai dari waktu pelaksanaan yang relatif singkat dan paralel antara desain dan konstruksi, window time untuk transportasi U- Shaped Girder dalam kaitannya menjaga kelancaran lalu lintas jalan tol yaitu antara pukul 00.00 – 05.00 WIB. Persoalan lainnya, utilitas baik jaringan pipa air minum, gas, telekomunikasi di sepanjang area pekerjaan terutama di jalan Arteri DKI Jakarta maupun SUTT dan SUTET, serta keberadaan fly over eksisting dan jembatan penyebrangan orang yang menjadi tantangan sendiri terkait dengan design LRT dengan mempertimbangkan kenyamanan.

Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) koridor Cibubur-Cawang di Jakarta, Selasa (27/02/2018). Pembangunan LRT tersebut ditargetkan rampung pada 2019.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS