Taufik Kurniawan Dicekal, KPK Kembangkan Kasus Suap Proyek DAK 2016


Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mencegah Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan yang juga politikus PAN bepergian ke luar negeri untuk enam bulan ke depan. Surat pencegahan telah dikirim ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Theodorus Simarmata kepada media pada Sabtu (27/10).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, membenarkan KPK mencegah Taufik berpergian ke luar negeri dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi yang tengah diusut KPK. “Status belum tersangka, kalau sudah segera diumumkan,” jelas Saut.

Taufik diminta keterangan terkait pengembangan kasus dugaan suap proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBN 2016, senilai Rp100 miliar. Taufik diduga mengetahui pengurusan anggaran tersebut.

Nama Taufik disebut oleh Bupati nonaktif Kebumen Yahya Fuad menerima uang sebesar Rp3,7 miliar terkait dengan pengalokasian DAK untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN.

Yahya mengaku bertemu dua kali dengan Taufik di Semarang dan Jakarta. Dalam pertemuan itu Yahya memiliki kewajiban sebesar 5 persen yang harus diberikan jika DAK sebesar Rp100 miliar cair. Uang fee tersebut diberikan dua kali melalui orang suruhan Taufik. [erenmcf]

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS