Tak Peduli Medan Sulit, Jokowi Bertekad Warga Papua Nikmati Cahaya Listrik


JAKARTA – Presiden Joko Widodo bertekad seluruh masyarakat Indonesia menikmati pembangunan yang telah dilakukan pemerintah. Untuk itu, Presiden masif melakukan pembangunan dari sabang hingga Papua. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan akan listrik di wilayah Papua yang selama ini tidak terpenuhi.

Melalui program Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), pemerintah telah menjangkau wilayah Kabupaten Lanny Jaya. Kondisi medan Lanny Jaya yang pegunungan, diterjang oleh tim LTSHE dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) demi misi masyarakat Lanny Jaya ikut menikmati cahaya lampu.

Kabupaten Lanny Jaya mendapatkan 29.155 unit LTSHE yang tersebar di 21 Distrik, dengan jumlah terpasang sebanyak 20.851 tersebar di 15 Distrik, sedangkan di 6 distrik lainnya yaitu Distrik Balingga, baru terpasang sebagian, Distrik Ayumnati dan Distrik Melagi sedang dalam proses pemasangan, sementara Distrik Goa Balim, Distrik Guna dan Distrik Dimba masih belum terpasang, berjumlah 8.304 unit LTSHE.

Belum terpasangnya lampu LTSHE disebabkan Distrik tersebut merupakan wilayah “zona merah” sehingga cukup menyulitkan untuk dilaksanakan kegiatan pemasangan lampu di wilayah tersebut.

Presiden dalam pesannya mengatakan, seberat apapun medan di Papua, LTSHE harus disalurkan agar desa-desa di Papua menjadi terang.

“Supaya rakyat Papua di malam hari semuanya menikmati penerangan sehingga semuanya bisa melakukan kegiatan, supaya usaha-usaha rakyat di kampung bisa terus berkembang. Anak-anak di malam hari bisa belajar dengan baik, ini adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang harus kita penuhi,” kata Jokowi.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS