Survei: Mayoritas Pemilih Muslim Dan Milenial Dikuasai Paslon Jokowi-Ma’ruf


Jakarta – Lembaga survei Populi Center menunjukkan hasilnya bahwa pasangan calon (paslon) Presiden dan wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin ungguli paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi pada kriteria pemilih milenial dan muslim.

Peneliti Lembaga Survei Populi Center, Dimas Ramadhan mengungkapkan bahwa kriteria pemilih milenial usia di bawah 34 tahun, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 50 %, sementara Prabowo-Sandiaga 38,1 %.

“Begitu juga pemilih di atas usia 35 tahun atau non-milenial, lebih banyak yang memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 55,9 persen, sedangkan Prabowo-Sandi sebesar 28,0 persen. Temuan bersifat indikatif, mengingat jumlah responden yang terbatas,” kata Dimas di Kantor Populi Center, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat, Kamis (7/1).

Sedangkan dalam kategori agama, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dalam kriteria pemilih muslim dengan 51,1 % sementara Prabowo-Sandi dengan 32,6 %. Untuk pemilih beragama Kristen 88,9 % memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 6,9 % memilih Prabowo-Sandi.

Dimas melanjutkan, dalam kategori pemilih ormas Islam Muhammadiyah,  Jokowi-Ma’ruf Amin juga unggul 72,1 persen dan NU 56,1 persen. Survei tersebut juga menyoroti pengaruh debat pertama pilpres dimana diperoleh hasil bahwa elektabilitas Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 54,1 % dan Prabowo-Sandi 31 %. Sekitar 55,7 % responden menilai program kerja yang ditawarkan oleh Jokowi-Ma’ruf lebih realistis dibandingkan program Prabowo-Sandi yang hanya di angka 29,8 % responden.3

Cawapres nomor urut 01, Maruf Amin menanggapi hasil survei Populi. Menurut Ma’ruf, telah jelas milenial cerdas dalam memilih pemimpin, dikarenakan adanya program yang realistis, program yang akan membawa Indonesia maju untuk keberlangsungan para milenial ke depan.

“Karena milenial itu cerdas, tahu, potensi apa yang akan diberikan oleh 01. Program yang realistis, program yang akan membawa Indonesia maju, kan mereka akan menjadi pemegang estafet. Dan siapa yang bisa memberikan hasil yang baik, pasti akan mendukung. Ini yang memberikan manfaat bagi generasi muda,” ucap Ma’ruf usai bertemu dengan para relawannya di Kota Padang, Sumatera Baraf, Jumat (8/2). (renmcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS