Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar-Yasin Unggul Dibanding Sudirman-Ida


JAKARTA – Litbang Kompas melakukan survei mengenai calon gubernur menjelang Pilgub Jawa Tengah. Hasil survei menunjukkan, elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin masih memimpin sebesar 76,6 persen, sedangkan keterpilihan Sudirman Said-Ida Fauziyah didukung oleh 15 persen pemilih jika pilkada digelar sekarang.

Survei ini dilakukan terhadap 800 responden di Jawa Tengah pada 10-15 Mei 2018 dengan margin of error sebesar +/- 3,46 persen. Survei menggunakan model responden panel sehingga perubahan perilaku memilih pada responden yang sama dengan survei sebelumnya dapat diketahui dengan jelas.

Dalam survei diketahui massa PKB solid mendukung Ganjar-Yasin dengan kisaran angka 81 persen. Padahal, PKB merupakan partai yang mengusung kadernya, Ida Fauziyah, sebagai pendamping Sudirman Said. Massa PDI-P tercatat sebagai pendukung paling solid dalam Pilgub Jateng dan suaranya kian terkonsentrasi pada pasangan Ganjar-Yasin.

Dukungan massa PDI-P untuk pasangan ini sekarang mencapai 94,3 persen, naik dari 89,9 persen pada periode survei sebelumnya.

Ganjar-Yasin juga solid didukung massa PPP, Demokrat, dan Nasdem. Dukungan suara dari massa PPP mencapai 80,6 persen, Demokrat 83,3 persen, dan Nasdem 70 persen. Suara lainnya diperoleh Ganjar-Yasin dari massa partai-partai nonpengusung, seperti Golkar dan Hanura.

Yang mengejutkan, kekuatan Ganjar-Yasin ternyata disokong oleh separuh pemilih Gerindra (58,5 persen), PKS (48 persen), dan PAN (56 persen) yang hingga kini masih belum beralih mendukung Sudirman-Ida.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS