Survei: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin 53,2% Lebih Unggul Dari Prabowo-Sandi 31,2%


Jakarta – Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan bahwa elektabilitas Jokowi-Ma’ruf adalah sebesar 53,2% sementara Prabowo-Sandiaga 31,2% atau masih berjarak 20% dengan keunggulan Jokowi-Ma’ruf.

“Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan selisih di atas 20 persen dari Prabowo-Sandi,” kata Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar Rully pada Kamis (6/12).

Rully menjelaskan bahwa sejumlah program kerja petahana populer dan diketahui luas oleh publik rata-rata diatas 50% seperti KIS, KIP, Beras Sejahtera, Program Keluarga Harapan (PKH), pembangunan infrastruktur dan pembagian sertifikat tanah. Sementara itu program Prabowo semuanya belum ada yang dikenal publik diatas 50% atau hanya 30% publik yang mengenai program kerjanya.

Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin unggul baik segi popularitas program maupun elektabilitas. Hal tersebut memperlihatkan program petahana memang menyentuh lapisan masyarakat sehingga elektabilitasnya masih tetap unggul jauh diatas lawannya, sementara Prabowo terlihat tak memiliki program unggulan yang bisa menarik simpati dan ketertarikan masyarakat sehingga elektabilitasnya relatif stagnan ataupun naik turun dalam persentase kecil.

“Petahana (Jokowi) dan tim masih terlihat ikut terlibat dalam percakapan yang penuh sensasi di masa awal kampanye. Di pihak penantang (Prabowo) belum ada satu pun program kerja yang terdengar masif di telinga publik selama periode awal kampanye,”  ungkap Rully

Jarangnya program Prabowo disampaikan kepada masyarakat karena programnya sebagian besar memang tidak bisa diimplementasikan. (dewemcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS