Selalu Halalkan Segala Cara, Kubu Prabowo Pakai Logo Pemkab Purbalingga


JAKARTA – Pemkab Purbalingga, Jawa Tengah, melaporkan temuan kalender bergambar pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, ke Bawaslu Purbalingga, Jumat (22/3/2019). Laporan itu dilakukan karena pada kalender itu terdapat logo Pemkab Purbalingga. Kabag Humas dan Protokol Setda Purbalingga Suroto mengatakan, pencantuman logo tersebut memberi kesan bahwa Pemkab Purbalingga terlibat dalam kampanye.

“Kami atas mandat dari Ibu Plt Bupati melaporkan kepada Bawaslu bahwa di Desa Galuh, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, ditemukan kalender (bahan kampanye) dari pasangan capres 02 yang mencantumkan logo pemda,” kata Suroto, Jumat (22/3/2019).

Dia menyatakan, Pemkab Purbalingga tidak pernah mengeluarkan izin apa pun terkait pencantuman logo instansi pemerintah dalam bahan kampanye calon mana pun. Sebagai bagian dari penyelenggara pemilu, seluruh jajaran Pemkab bersikap netral.

Dia mengatakan, pihaknya baru menemukan tiga lembar kalender tersebut di Desa Galuh, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jateng. Ia meminta jajaran Bawaslu untuk menelusuri kalender serupa yang telah beredar di masyarakat.

Komisioner Bawaslu Purbalingga Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga, Misrad, menyatakan siap menindaklanjuti laporan tersebut. Bawaslu telah menerima laporan resmi dan menerima barang bukti berupa 1 lembar kalender. Peredaran kalender itu diduga melanggar Undang-undang nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 ayat 1 huruf (i) yang menyebutkan, “Membawa atau menggunakan tanda gambar dan/atau atribut selain dari tanda gambar dan/atau atribut peserta pemilu yang bersangkutan”.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS