Presiden: Kemen PUPR Telah Bangun 65 Bendungan


JAKARTA – Presiden Joko Widodo berkomitmen melakukan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Salah satunya membangun bendungan atau waduk. Untuk tahun ini, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menyelesaikan delapan waduk.

“Tahun ini ada delapan waduk selesai termasuk Kuningan,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (25/5).

Jokowi menambahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun 65 bendungan dan satu per satu akan diselesaikan.

“Bendungan Kuningan ini hampir selesai. Urusan memindahkan penduduk yang terdampak juga sudah tidak ada masalah. Tadi juga sudah ketemu,” ujar Jokowi.

Bendungan Kuningan, kata Jokowi, mampu mengairi sawah seluas 3.000 hektare, baik yang berada di Kabupaten Kuningan maupun di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Bendungan yang berada di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureunq, Kabupaten Kuningan, yang rencanannya luas genangannya mencapai 221,59 Ha ini bisa menampung 25 juta meter kubik air.

“Juga bisa memenuhi kebutuhan air baku sebesar 300 liter per detik untuk 300 ribu kepala keluarga,” tambahnya.

Awal Januari lalu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menargetkan sembilan proyek bendungan dapat diselesaikan pada tahun ini “Semuanya merupakan proyek yang dimulai sejak 2015,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kala itu.

Basuki menjelaskan, hingga 2019, pemerintahan menargetkan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru sebagai wujud Nawa Cita untuk mencapai ketahanan pangan dan air nasional.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS