Presiden Jokowi Dorong Perkembangan Wisata Setiap Daerah


JAKARTA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisata mancanegara pada Maret 2018 mencapai 1,364 juta orang. Angka ini meningkat dibandingkan 2017 pada periode yang sama sebesar 1,059 juta orang.

Dikutip dari katadata.co.id, Rabu (2 Mei 2018), wisman tersebut didominasi oleh pelancong asal Malaysia sebanyak 250,9 ribu atau 18,39 persen. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti, dominasi wisawatan Malaysia ini seiring pembukaan rute penerbangan baru.

Menurut Yunita, wisatawan mancanegara pada bulan itu sebagian besar melalui udara sebanyak 846,9 ribu (62 %), laut 304,7 ribu (22 %), dan darat 212,93 ribu (16 %).

Ia menjelaskan selama triwulan, pada Januari hingga Maret 2018, jumlah wisman meningkat 14,87 persen dibandingkan periode yang sama pada 2017. Total pelancong luar negeri mencapai 3,665 juta orang, meningkat dari triwulan pertama 2017 sebesar 3,191 juta orang.

Memasuki tahun ketiga pemenerintaha Presiden Joko Widodo, pemerintah memang gencar mengembangkan tujuan wisata baru. Targetnya untuk mendatangkan 20 juta pelancong dari negeri seberang. (Lihat pula: Pengusaha Siap Bantu Pemerintah Raih Target 20 Juta Turis di 2019).

Dalam hal ini, pemerintah juga menyadari potensi pengembangan wisata melalui ‘destinasi digital’, yakni tujuan pariwisata yang bisa viral di media sosial, terutama di Instagram. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mendorong pembangunan spot instagramable di obyek-obyek wisata di Tanah Air.

Presiden juga mendorong perkembangan wisata di setiap daerah, karena setiap suku memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing yang dapat dikelola sebagai tujuan wisata yang menarik minat baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Peningkatan jumlah wisman ini sebagai bukti Presiden Joko Widodo sepanjang masa jabatannya berhasil membangun berbagai sektor di Indonesia hingga bangsa ini terus berkembang dan mendapat pengakuan dari publik internasional. Pemimpin seperti ini yang dibutuhkan Indonesia agar dapat menjadi bangsa yang maju.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS