Presiden Joko Widodo Punya Cara Khusus Cegah Korupsi


JAKARTA – Presiden Joko Widodo sangat tegas untuk menerapkan revolusi mental. Revolusi utama yang menjadi prioritas Presiden adalah pencegahan korupsi.

Sebuah teladan sebagai pemimpin, Jokowi mengawali dari diri sendiri. Seperti melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti dilansir dari infonawacita.com, laporan gratifikasi yang pernah dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Wakilnya Jusuf Kalla mencapai puluhan miliyar rupiah. Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

“Pak Presiden dan Pak Wapres, mereka memang laporannya banyak. Nilainya puluhan miliar. Termasuk Menteri Agama juga,” kata Laode M Syarif,

Seperti kita ketahui, Presiden Jokowi memang gemar melaporkan pemberian hadiah yang sifatnya terkait dengan posisinya sebagai kepala negara. Seabagai contoh, Presiden ke-7 RI ini pernah melaporkan lukisan, perangkat penyaji teh dan plakat kepada KPK pada Oktober 2016 lalu. Lukisan tersebut diberikan oleh Perusahaan Migas di Rusia, Rosneft.

Laporan lainnya, piringan hitam grup band Metallica yang diberikan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen pada November 2017. Terdapat pula laporan kuda Sandalwood yang diberikan oleh warga Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ternyata kejujuran Jokowi untuk melaporkan gratifikasi sudah berlangsung sejak ia menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia pernah diberikan bass oleh personil band favoritnya, Metallica, yaitu Robert Trujillo. Bass ini diberikan kepada Jokowi pada tahun 2013 sebelum band tersebut melangsungkan konser di Jakarta.

Menurut Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo, Mantan Wali Kota Solo ini memiliki alasan tersendiri mengapa gemar melakukan laporan gratifikasi kepada KPK. Menurutnya, Presiden sebagai penyelenggara negara atau kepala negara ingin memenuhi kewajiban UU dengan melaporkan pemberian hadiah itu kepada KPK sebagai pelaporan penerimaan gratifikasi atau hadiah.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS