Pengamat Politik: BG Miliki Peluang Besar Dibanding Tito dan Anies sebagai Cawapres


JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana mengajukan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Dalam berbagai survei, nama BG selalu masuk di daftar kandidat cawapres.

Menurut Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno, partainya telah menugaskan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk menentukan capres dan cawapres. Untuk itu, hanya Megawati yang tahu.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan pihaknya tengah menggarap nama calon presiden dan calon wakil presiden secara bersamaan. Hal itu dilakukan bersama dengan Presiden Joko Widodo.

“Bagi kami ini merupakan satu kesatuan kepemimpinan negara, bapak presiden dengan calonnya,” kata Hasto.

Sejauh ini, muncul beberapa nama yang bertengger dalam bursa Cawapres Jokowi. Antara lain, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan; dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Sementara itu Analis politik, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan, BG mengantongi peluang paling besar di antara nama-nama beredar. “BG punya kans menjadi Cawapres pendamping Jokowi dibandingkan Anies dan Tito,” kata Pangi.

Ia menjelaskan, BG cukup sukses menjaga dan melindungi negara dari berbagai ancaman. Purnawirawan bintang empat Polri itu juga memahami peta politik nasional dan mengerti bagaimana cara menaikkan elektabilitas.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS