Pemerintah Turunkan Alat Berat Bantu Korban Gempa Di Palu


Jakarta – Pemerintah Indonesia hingga kini terus menerus melakukan upaya maksimal dalam proses evakuasi dan pertolongan korban gempa dan tsunami di kota Palu melalui beragam cara.

Sebelumnya, terdapat beberapa kesulitan untuk dilakukan evakuasi di hari pertama pasca gempa, yaitu minimnya alat penerangan dan alat berat, adanya beberapa jalan yang rusak dan komunikasi yang terputus. Namun, untuk alat berat yang dibutuhkan sebagian telah masuk di wilayah Palu pada malam tadi.

Sejak hari Jumat (29/9) Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Wiranto untuk mengkoordinasi penanganan darurat gempa di Palu, berfokus pada pencarian, evakuasi dan pemenuhan kebutuhan dasar korban gempa.

Presiden Jokowi juga memerintahkan Kementerian, lembaga dan institusi terkait untuk mempercepat pemulihan jaringan listrik dan telekomunikasi serta pasokan BBM di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Langkah dan kebijakan tersebut menjadi bukti gerak cepat pemerintah dalam usaha melaksanakan evakuasi.

Masyarakat diharapkan agar tidak mudah percaya pada isu-isu negatif yang berusaha menunggangi kejadian bencana gempa untuk menyudutkan pemerintah yang sedang berusaha keras melakukan evakuasi dengan narasi framing negatif lamban dalam penanganan gempa. (DW/MCF)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS