Pemerintah Jokowi Bangun 107 Rusun Pondok Pesantren di Seluruh Indonesia


JAKARTA – Pemerintah menargetkan membangun 107 rumah susun (rusun) Pondok Pesantren (ponpes) dalam periode 2015-2018. Jumlah rusun ponpes ini 3.040 unit dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp946,1 miliar yang bertujuan mendukung kegiatan belajar para santri serta penataan kawasan ponpes.

“Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 107 rumah susun pondok pesantren,” kata Jokowi melalui akun Facebook resminya, Sabtu (12/8).

Beberapa rusun yang telah selesai antara lain, Rusun Ponpes Darul Ulum di Semarang dan Rusun Ponpes Al Hidayah di Banyumas, Jawa Tengah, Rusun Ponpes Nahdlatul Ulum di Maros, Sulawesi Selatan dan Rusun Ponpes Darul Hikmah Tulungagung, Jawa Timur.

“Yang tengah dibangun tahun ini adalah Rusun Santri Putri Pondok Pesantren Mustofhawiyah Purba Baru di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Saya sendiri yang memulai pembangunan rusun ini pada bulan Maret lalu,” ujar Jokowi.

Setelah itu, akan menyusul tahun ini antara lain di Pidie Jaya, Mandailing Natal, Padang Pariaman, Lampung Timur, Ogan Komering Ulu Timur, Tasikmalaya, Magelang, Semarang, Ende, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Sintang, Hulu Sungai Selatan, dan Bone.

Rusun ponpes dibangun dengan model mirip barak yang dilengkapi fasilitas kamar tidur, meja belajar, lemari, listrik dan air bersih. Pada tiap lantai dapat menampung 72 orang. Jokowi mengungkapkan, rusun pondok pesantren sengaja dibuat dalam bentuk barak agar para santri yang tinggal di dalamnya bisa belajar hidup tenggang rasa dengan santri lainnya, terutama dalam menjaga kebersihan dan ketertiban.

“Ini salah satu cara mendidik generasi muda agar terbiasa hidup di hunian vertikal. Semoga rusun bisa memberikan kontribusi nyata bagi santri dalam menimba ilmu,” ujarnya.

Setiap pondok pesantrennya dibangun satu rusun tiga lantai yang dapat menampung sekitar 216 santri. Pembangunan rusun disamping untuk pekerja, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), TNI/Polri, mahasiswa, juga santri di pondok pesantren.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS