Pemerintah Akan Bayar Uang Ganti Rugi Pembebasan Lahan Bendungan Meninting


JAKARTA – Pembangunan Bendungan Meninting Lombok Barat (Lobar) merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) Pemerintah di Provinsi NTB.

Saat ini, Pemerintah berupaya keras menyelesaikan masalah pembebasan lahan pembangunan bendungan demi memperkuat ketahanan pangan nasional. Pembebasan lahan bersifat sangat mendesak dan harus segera dirampungkan.

Kepala  Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Barat (Lobar), Joko Wiratno mengatakan bahwa pembebasan lahan pembangunan Bendungan Meninting melalui ganti rugi berupa uang untuk mempersingkat waktu. Jika direlokasi, pihaknya harus kembali melakukan appraisal untuk lahan yang akan dibeli.

“Itu akan dua kali kerja dan akan lama,” ungkap Joko.

Pemkab Lombok Barat menargetkan pembebasan lahan proyek bendungan Meninting selesai pada April 2019.

Luas lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Bendungan Meninting mencapai 120 hektare yang mencakup wilayah Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunungsari; dan Desa Dasan Griya, Kecamatan Lingsar. Dari jumlah tersebut terdapat lahan negara seluas 40 hektare sehingga yang akan dibebaskan seluas 80 hektare. Rencananya, Bendungan Meninting memiliki daya tampung 9,9 juta meter kubik dengan luas areal irigasi mencapai 1.559 hektare.

Menurut Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, hingga kini proses pendataan nama-nama pemilik lahan yang akan dibebaskan sudah selesai dimana tim appraisal pun telah menyerahkan data tersebut. Langkah selanjutnya, tim appraisal akan memperkirakan harga lahan, kemudian melakukan negosiasi sebelum Kementerian PUPR resmi melakukan pembayaran kepada pemilik tanah.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 49 bendungan baru dan 16 bendungan lanjutan. Dari jumlah tersebut, hingga kini sebanyak 9 bendungan sudah rampung dibangun, 34 bendungan dalam tahap pelaksanaan, 14 bendungan akan dimulai tahun ini dan delapan lainnya akan dikerjakan tahun depan. (zulmcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS