PAN Maluku Sebut Jokowi-lah Yang Harus Lanjutkan Karena Beliau Sangat Luar Biasa


AMBON –  Dukungan  kepada pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 ini, terus menerus berdatangan dari berbagai daerah dan beragam kalangan, termasuk dari tokoh dan kader-kader partai politik pendukung Prabowo-Sandiaga.

Kali ini, para caleg dan pengurus/kader Partai Amanat Nasional (PAN) di Maluku mendeklarasikan dukungannya untuk capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin,mereka menilai bahwa kinerja Jokowi dirasakan langsung selama memimpin Indonesia. Padahal, PAN diketahui merupakan parpol pendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Deklarasi dukungan kepada pasangan 01 berlangsung di Hotel Pacific Ambon, Kamis, 28 Maret 2019.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku Peter Tatipikalawan mengatakan bahwa berdasarkan masukan dari simpatisan para kader PAN di Kabupaten/Kota bahwa Jokowi lah yang harus lanjutkan karena beliau sangat luar biasa. Kinerja Jokowi dirasakan langsung selama memimpin Indonesia. Dirinya siap dipecat terkait langkahnya mendukung Jokowi.

Peter mengatakan dukungan kader PAN Maluku kepada Jokowi-Ma’ruf tidak melanggar AD/ART PAN karena calon wakil presiden bukan dari partai. Keputusan tersebut juga sudah dilaporkan kepada Ketum Zulkifli Hasan dan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. Selain itu, deklarasi itu juga dilakukan demi menyelamatkan PAN di wilayah Maluku pada pemilu legislatif 2019.

“Kepentingan yang utama kita adalah PAN. Di mana kalau tahun 2014 itu kita punya wakil presiden sesuai dengan AD/RT yaitu tidak bisa boleh melawan proses tapi kepentingan yang besar di Maluku, di mana masukan dari simpatisan para kader PAN di kabupaten/kota bahwa Jokowi-lah yang harus lanjutkan karena beliau sangat luar biasa,” ujar Peter Tatipikalawan di Hotel Pacific, Kota Ambon, Maluku, Rabu (28/3).

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengugkapkan, dirinya tak bisa memungkiri dampak pembangunan selama era Presiden Joko Widodo dirasakan betul masyakarat Maluku. Hal inilah yang mengarahkan kader PAN di sana beralih dukungan ke pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

“Saya pikir dalam konteks Maluku ini ada juga faktor hati nurani yang memang tidak bisa dibendung, soal aspirasi tak bisa dibendung,” kata Bara di Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.

Presiden Jokowi telah memberikan perhatian serius kepada Maluku. Selama 4,5 tahun pemerintahannya, Jokowi telah berkunjung ke Maluku sebanyak lima kali. Dampak pembangunan di wilayah Indonesia timur itu pun sangat terasa. Secara elektabilitas, Jokowi sangat kuat dan populer di Maluku. Tidak ada jalan lain, kecuali PAN Maluku mendukungnya demi menyampaikan aspirasi mayoritas masyarakat.

“Presiden Jokowi memang dirasakan sudah melakukan banyak hal di Provinsi Maluku, sehingga mendorong mereka berdasarkan hati nurani untuk memberikan dukungan secara terbuka kepada Presiden Jokowi,” jelas Bara. (Rini/mcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS