Netizen Indonesia, Mari Ciptakan Iklim Pemilu 2019 yang Sehat dan Bermartabat


JAKARTA TERJITU – Pemilihan Umum merupakan cara dimana warga negara memilih wakil mereka yang akan membentuk dan membuat kebijakan dan keputusan yang mengatur rakyat. Dalam beberapa tahun setelahnya, mereka yang terpilih berhak untuk menentukan kebijakan negara. Namun, saat ini, pemilihan selalu dikaitkan dengan penipuan dan kekerasan. Tindakan memilih pemimpin yang seharusnya menjadi hak dan kewajiban warga negara sering kali salah ditangani atau tidak dihargai.

Kini pemilihan umum dilumuri dengan taktik tidak jujur seperti pembelian suara, hasilnya dimanipulasi, dan kepentingan swadaya terus berlanjut yang mana hal ini berdampak pada munculnya kalangan yang mendeklarasikan diri sebagai Golongan Putih atau Golput. Iklim pemilihan umum yang tidak sehat ini harus segera diberantas, sebab mengancam semangat demokrasi di Indonesia. Apabila tidak segera ditindaklanjuti maka program keberlanjutan kepemimpinan nasional tidak akan berjalan dengan baik.

Langkah pertama yang harus kita ambil sebagai warga negara Indonesia adalah dengan bersatu dalam melawan segala hal yang membuat iklim gelaran pemilu 2019 ini menjadi tidak sehat dan cenderung menimbulkan penyakit bagi keutuhan NKRI tercinta ini. Menjelang gelaran pemilu yang akan digelar bulan depan, mungkin hal yang paling meresahkan adalah maraknya berita bohong atau hoax di dunia maya. Langkah pertama yang harus kita ambil adalah bersatu untuk melawan penyebaran hoax di dalam ponsel kita.

Dengan bersatu memerangi hoax, kita bisa berharap bahwa iklim pemilihan umum 2019 ini benar-benar sehat dan bermartabat dan tanah air kita ini bisa berkembang menuju arah yang lebih baik. Mari kita lawan hoax dan tolak ajakan Golput untuk Pemilu yang berkualitas dan bermartabat guna  suksesnya keberlanjutan kepemimpinan nasional dan menjamin keberlanjutan pembangunan nasional yang saat ini gencar dilakukan.

Saatnya para warganet untuk cerdas bermedsos dengan menebar kebaikan dan doa di medsos untuk optimisme bangsa dan suksesnya Pemilu 2019 serta suksesnya pembangunan nasional. (jtj)

 

Oleh: Alif Firdaus (Netizen Depok, Alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS