MUI Tegaskan Bahwa Acara Reuni 212 Tidak Penting


Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi, bahwa rencana reuni 212 yang akan digelar pada masa kampanye jelang Pilpres 2019 adalah tidak penting, dan justru sebaiknya masyarakat diajak untuk berpikir rasional dalam memilih pemimpin.

Masyarakat harus diberikan penyadaran bahwa pemimpin nasional yang terpilih harus memiliki orientasi berdasarkan program-program yang jelas untuk mensejahterakan rakyat, telah teruji dan memiliki rekam jejak yang jelas atas kejujuran dan kesederhanaannya, pemimpin yang kira-kira sesuai dengan tujuan ushul fiqh: تصرف الامام علي الرعية منوط بالمصلحة, artinya, Kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyatnya bergantung kepada kemaslahatan.

“Jadi, umat sebaiknya jangan diajak ke arah provokasi politik yang tidak rasional, seakan-akan memperjuangkan agama padahal hakikatnya adalah kepentingan politik praktis jangka pendek,” tegasnya.

Masduki juga menilai bahwa memasuki tahun politik, penggunaan isu atau simbol-simbol agama untuk kepentingan politik praktis dan mendiskreditkan pihak lawan politik sebagai musuh agama adalah tindakan yang sangat berbahaya.

MUI tidak mengenal istilah organisasi atau reuni 212 karena tidak ada kaitan diantara keduanya, sehingga umat jangan diajak ke arah provokasi politik yang tidak rasional, seolah-olah memperjuangkan agama padahal hakikatnya hanyalah kepentingan politik praktis jangka pendek.

Sementara itu, akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, A Bakir Ihsan mengatakan bahwa jika reuni 212 dimaksudkan untuk kepentingan politik dan menegasi sesama muslim hanya karena perbedaan pilihan politik, maka dapat mencederai agama Islam, yang sejatinya bersifat universal dan Rahmatan Lil ‘Alamin.

Agama bisa terciderai apabila digunakan untuk kepentingan kelompok atau organisasi tertentu, apalagi digunakan untuk menegasi sesama muslim hanya karena perbedaan pilihan politik,” kata Bakir.  (dewemcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS