Menristekdikti: Kendaraan Listrik Perkuat Komitmen Internasional Indonesia Kurangi Emisi


JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menghadiri acara Grab peluncuran uji coba kendaraan listrik. Dalam sambutannya, ia memaparkan dengan peluncuran kendaraan listrik memperkuat komitmen Indonesia di mata internasional dalam mengurangi emisi.

“Event ini sebagai event yang membanggakan dan penting bagi komitmen kita terhadap global, kita berjanji untuk mengurangi emisi. Salah satunya untuk mengurangi polusi udara, di Jakarta, yang datang di dua kelompok yaitu dari pembangkit listrik dan kendaraan,” kata Bambang.

Menurutnya, sebagai masyarakat juga harus ikut andil dalam mengurangi polusi tersebut, dengan beralih ke teknologi kendaraan listrik.

Indonesia sangat berkeinginan kuat mengubah ketergantungan bahan bakar transportasi masyarakat dari BBM ke kendaraan listrik. Hal tersebut sejalan dengan upaya pengurangan polusi udara dan emisi serta penerapan perkembangan teknologi di bidang otomotif dalam negeri.

Terkait produksi kendaraan listrik, lanjutnya, harus ada perbedaan antara mobil listrik yang diproduksi di Indonesia dan kendaraan listrik dari hasil impor.

“Kita harus menciptakan rangkaian yang penuh, untuk mendukung segala aspek pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya.

Hal itu adalah tahapan yang penting, dalam upaya menyelesaikan polusi udara. Maka, ia mengatakan bahwa PLN harus siap dalam mendukung dan menyuplai energi listrik.

Dia berharap, dengan acara ini kendaraan listrik buatan dalam negeri bisa diminati masyarakat Indonesia. “Kunci suksesnya, yaitu harus dimulai dengan konsumsi dalam negeri. Bagi kami inovasi adalah masa depan bangsa,” ungkapnya. (mcf)

You may also like

DON'T MISS