Mendikbud Tegaskan Agar Pemda Terapkan Kebijakan 20% APBD Untuk Pendidikan


JAKARTA– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabuaten/Kota agar memaksimalkan anggaran pendidikan dan menerapkan kebijakan alokasi 20 persen dari total Belanja  APBN dan APBD untuk kepentingan pendidikan nasional mengingat 65 % dari dana pendidikan APBN digunakan untuk transfer daerah.

Pada tahun 2019, pemerintah alokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp 487,9 triliun atau 20 % dari total belanja negara. Angka tersebut naik 38,1 % dibandingkan realisasi anggaran pendidikan di tahun 2014, sekitar Rp 353,4 triliun.

Selain itu, pemerintah akan memberikan beasiswa kepada 20,1 juta siswa melalui Program Indonesia Pintar dan 471,8 ribu mahasiswa melalui beasiswa bidik misi pada tahun 2019.

Dalam periode 2014-2019, pemerintah melakukan investasi melalui LPDP dengan memberikan beasiswa kepada sekitar 27 ribu mahasiswa dari seluruh pelosok Tanah Air untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri, serta membiayai 123 kontrak riset terpilih.

Anggaran pendidikan pada 2019 juga diarahkan untuk memperkuat program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi 57 juta siswa, percepatan pembangunan dan rehab sekolah, pembangunan sarana kelas dan laboratorium di 1.000 pesantren serta meningkatkan kualitas guru PNS dan non-PNS melalui tunjangan profesi. Dana BOS telah mampu menaikkan angka partisipasi murni untuk SD, SMP, SMA, dan madrasah anggaran juga ditujukan untuk membangun 1.407 ruang praktik SMK dan bantuan pelatihan/sertifikasi 3.000 mahasiswa, memperkuat program vokasi yang lebih masif dan terintegrasi lintas kementerian.

Pemerintah pun pastikan adanya kenaikan tunjangan guru PNS dan non-PNS, Presiden Joko Widodo bahkan mengatakan jika ada pihak yang ingin menghentikan tunjangan guru, maka dirinya siap untuk berada di garis terdepan untuk membela hak guru. (erenmcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS