LSI: Delapan Parpol Tak Penuhi Ambang Batas Parlemen di Pemilu 2019


JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei pada Januari 2018. Dalam survei tersebut terdapat delapan partai yang elektabilitas di bawah empat persen.

Peneliti LSI, Rully Akbar mengatakan, saat ini empat partai masih berada di parlemen, yaitu PPP, PKS, PAN, dan Partai Hanura. Sementara dua diantaranya partai baru, yaitu Perindo dan PSI. Serta dua partai lama, yaitu PKPI dan PBB.

“Perindo memimpin partai baru dan partai buram. Perindo, PSI, PKPI, dan PBB. Perindo suara paling tinggi di 3,0 persen belum lolos misalkan (pemilu,-red) dilakukan pada hari ini,” kata Ruli, Rabu (24/1).

Menurut Ruli, Perindo memimpin di antara partai baru dan partai buram, karena faktor publikasi di media massa. Lewat media massa, Harry Tanoesodibjo, selaku Ketua Umum Perindo dapat menjelaskan program partai kepada masyarakat.

Ia menyarankan agar partai papan bawah dapat memenuhi ambang batas parlemen, perlu ada program yang disampaikan kepada masyarakat. Selain itu, faktor tokoh juga mempengaruhi.

Hasil survei LSI juga menyebutkan elektabilitas PDIP berada di peringkat pertama pada Januari 2018.

Berikut hasil survei pada Januari 2018:
PDI P 22,2 persen
Gerindra 11,4 persen
Golkar 15,5 persen
PKB 6,0 persen
Demokrat 6,2 persen
PPP 3,5 persen
Nasdem 4,2 persen
Perindo 3,0 persen
PKS 3,8 persen
PAN 2,0 persen
Hanura 0,7 persen
PBB 0,3 persen
PKPI 0,2 persen
PSI 0,3 persen

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS