Lima Jembatan Cantik Ini Dibangun di Era Pemerintahan Jokowi


JAKARTA – Presiden Joko Widodo memiliki visi fokus pada pembangunan infrastruktur. Tidak heran jika di masa pemerintahannya, mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah, ini berhasil membangun banyak infrastruktur, diantaranya lima jembatan yang dikenal dengan jembatan cantik.

Lima jembatan cantik ini merupakan jembatan yang menghubungkan kota atau kabupaten. Kecantikan jembatan tersebut dapat dilihat dari rancangan jembatan yang gagah dan mewah karena dihiasi lampu seperti layaknya jembatan-jembatan yang berada di luar negeri.

Tidak jarang selain berfungsi sebagai penghubung transportasi, jembatan-jembatan cantik itu juga menjadi ikon kota dan wisata suatu daerah.

Dikutip dari laman Infonawacita.com, lima jembatan cantik tersebut adalah:

1. Jembatan Soekarno, Manado
Jembatan ini sempat terbengkalai hingga 12 tahun lamanya sejak pencanangan pertama di tahun 2003 lalu. Akhirnya di era Presiden Joko Widodo jembatan yang diberi nama persis dengan Presiden pertama RI Soekarno itu dimulai kembali pembangunannya. Jembatan sepanjang 1,127 km ini menelan biaya Rp300 miliar.

Masyarakat bisa melihat keindahan jembatan ini dari ketinggian. Bila berdiri di atas jembatan ini, pemandangan Pulau Manado Tua terlihat indah dengan gunung yang menjulang di tengah-tengah laut Teluk Manado.

2. Jembatan Tayan, Sanggau
Masyarakat Kalimantan Barat kini harus berbangga karena memiliki jembatan yang infrastrukturnya persis dengan jembatan-jembatan di Kota London, Inggris. Di malam hari jembatan yang menghubungi Sungai Kapuas itu akan terlihat cantik karena dipenuhi dengan lampu-lampu yang juga memantul ke aliran sungai.

3. Jembatan Petuk, Kupang
Presiden Jokowi melalui akun Facebooknya pernah membanggakan jembatan yang terletak di Nusa Tenggara Timur itu. Jembatan yang mangkrak dari tahun 1980-an itu akhirnya bisa beroperasi dan menjadi kebanggaan masyarakat Kupang. Dari ketinggian jembatan tersebut tampak gagah menjulang di antara lembah-lembah di Kota Kupang.

4. Jembatan Teluk Kendari
Jembatan yang rencananya bisa beroperasi pada tahun 2018 ini nantinya akan menjadi ikon kota Kendari. Dibangun sejak tahun 2015 rencananya jembatan ini akan mendukung pengembangan Pelabuhan Bungkutoko dan Kendari Newport yang ke depan akan menjadi pintu masuk bagi komoditi dari dan ke luar Kota Kendari maupun Provinsi Sulawesi Tenggara. Terlihat pada desain kerangka tiang-tiang jembatan tersusun rapi menambah kemegahan jembatan tersebut.

5. Jembatan Holtekamp Papua
Jembatan yang kini masih dalam masa pembangunan itu rencananya akan rampung pada September 2018 mendatang. Itu lebih cepat dari target yakni tahun 2019. Jembatan megah berwarna dasar merah ini akan menjadi jembatan kebanggaan masyarakat Jayapura.

Jembatan ini juga menjadi salah satu sejarah infrastruktur di Indonesia. Hal ini lantaran pengiriman dan pengangkatan rangka jembatan tersebut merupakan yang pertama di dunia karena menempuh jarak hingga 3.200 km dari Surabaya ke Jayapura.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS