Latah! Amien Rais Ikut-ikutan Nyapres Terinspirasi Mahathir Mohamad


JAKARTA – Tokoh provokatif Amien Rais selama ini selalu memfitnah pemerintah. Apapun yang dilakukan pemerintah, dipandang negatif oleh Amien Rais. Di balik itu semua, baru terungkap ternyata Amien Rais yang Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) ini ingin maju ke bursa calon presiden (capres) 2019.

Hal itu diakui Amien akhir pekan lalu. Menurut Amien, ia bersemangat maju dalam bursa capres karena terinspirasi Mahathir Mohamad yang memenangi pemilihan umum dan terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia meski telah menginjak usia 92 tahun.

“Pak Mahathir satu angkatan di atas Pak Amien bisa memenangkan. Jadi Pak Amien jangan pernah mengatakan (tidak), never say no,” kata Amien saat buka puasa bersama tokoh-tokoh PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menanggapi dingin manuver Amien. Melalui cuitan di akun twitternya @Yusrilihza_Mhd, Yusril membuat sembilan cuitan yang menunjukkan keengganannya mendukung manuver Amien.

“Tahun 2018 ini pun saya tidak ingin ikut-ikutan dengan manuver Pak Amien Rais, bukan karena saya apriori, tetapi saya belajar dari pengalaman,” tulis Yusril dalam cuitan, Senin (11/6).

Yusril mengingatkan publik dengan manuver Amien dalam pemilihan presiden oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 1999. Saat itu Yusril maju dalam pilpres bersaing dengan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati Soekarnoputri. Padahal seharusnya dia menjadi calon tunggal ketika itu.

“Pengalaman, adalah guru yang paling bijak. Tahun 1999 dalam pertemuan di rumah Dr Fuad Bawazier, Pak Amien meyakinkan kami semua untuk mencalonkan Gus Dur. Saya dan MS Kaban menolak. Kami tidak ingin mempermainkan orang untuk suatu agenda tersembunyi,” kata Yusril.

Yusril kemudian mengingatkan pepatah Jawa yang menyebut ucapan seorang pemimpin adalah ‘sabdo pandito ratu’, sehingga pemimpin itu tidak seharusnya munafik antara ucapan dan tingkah laku.

“Pemimpin seperti ini akan kehilangan kredibilitas di mata rakyat dan pendukungnya,” kata dia.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS