Lagi-Lagi Prabowo Sebar Hoax Soal Surabaya-Merauke Akan Tenggelam


Jakarta – Capres 02 Prabowo Subianto menyebut saat ini Indonesia menghadapi tantangan perubahan iklim yang mengancam wilayah Jakarta, Pantura Jawa, Surabaya sampai Merauke akan tenggelam.

Menurut Pakar Geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Amin Widodo, dirinya belum pernah mendengar laporan terkait pernyataan Prabowo bahwa Indonesia menghadapi tantangan perubahan iklim yang mengancam wilayah Jakarta, Pantura Jawa, Surabaya sampai Merauke akan tenggelam.

Amin menjelaskan bahwa saat ini permukaan air laut telah naik sekitar 1,5 meter. Untuk kenaikan 5 meter akan terjadi pada tahun 2100 mendatang. Namun, naiknya permukaan air laut dan diperkirakan tenggelam sekitar tahun 2100 adalah dengan catatan jika manusia tidak melakukan suatu apapun. Artinya tak ada upaya untuk mengurangi karbondioksida dengan upaya seperti penanaman pohon dan mengganti bahan bakar migas.

“Jadi kalau kita tidak melakukan sesuatu dari para ahli kita melakukan segera melakukan penurunan karbon tadi ini akan terjadi kenaikan air laut sehingga bisa menimbulkan tadi banyak pulau yang tenggelam. Itu diperkirakan di 2100. (Itu) kalau naiknya tiap hari hanya nambah 0,33 centimeter pertahun,” paparnya.

Kebijakan persoalan lingkungan dan perubahan iklim tidak bisa dibebankan pada satu negara saja seperti Indonesia. Sebab lingkungan merupakan masalah bersama, kebijakan global. Jadi tidak bisa hanya Indonesia.

Sikap Prabowo selalu esimis terhadap masa depan bangsa dan negara. Padahal, dalam setiap kritikannya, Prabowo tidak pernah bisa memberikan solusi dan dorongan kepada rakyat Indonesia. (ag/mcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS