Kursi 02 DKI Masih Kosong, Ada Apa ?


JAKARTA, TERJITU – Ketiadaan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta adalah kerugian besar bagi warga dan dapat menjadi catatan buruk bagi sejarah ibukota. Hal tersebut ditekankan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago.

Syarwi menjelaskan bahwa Wagub tak hanya berperan sebagai backup bagi gubernur, tetapi juga memiliki tugas kekhususan dan membawa beberapa dinas secara langsung.

“Wagub tidak hanya berperan sebagai backup bagi gubernur, tetapi juga memiliki tugas kekhususan dan membawahi beberapa dinas secara langsung. Perannya krusial,” kata Syarwi, Senin (8/7).

Menurut Syarwi, seharusnya DPRD tidak perlu berlama-lama untuk menetapkan wagub dari dua kandidat partai pengusung utama Partai Gerindra dan PKS, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Tidak ada alasan untuk menolak dua nama cawagub karena keduanya sudah melalui prosedur yang ditetapkan. Jadi tinggal itikad baik dari DPRD saja untuk memilih wagub baru. Jangan malah berbelit-belit dengan cerita panitia khusus (pansus), dua calon yang tidak akan diterima, dan pengajuan nama cawagub baru,” katanya.

Permainan elite tingkat tinggi bisa saja terjadi dengan banyak kemungkinan dibalik belum ditetapkannya wagub bagi Gubernur Anies. Tidak menutup kemungkinan juga ada permasalahan internal partai pengusung yang belum clear, lobi-lobi dengan pihak elite yang kurang mulus, peran partai-partai lain yang memang berniat mengadang, atau bahkan bisa saja ada yang mendesain agar Anies tidak memiliki wakil.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur yang saat ini masih kosong mendapatkan hak dana operasional setiap bulan. Dana operasional tersebut berasal dari pendapatan asli daerah (PAD).

Ketiadaan wakil gubernur menimbulkan tanda tanya atas adanya hak dana operasional di setiap bulan dari PAD. Dana Rp 5 miliar per bulan disinyalir dinikmati sendiri. (ren/mcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS