Kepala Daerah Tetap Netral dalam Bertugas, Tudingan Hanafi Rais Hoaks


JAKARTA – Tudingan Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengenai kepala daerah mendukung calon presiden incumbent Joko Widodo bernada provokatif. Hanafi menyebut kepala daerah tidak seharusnya terlibat langsung dalam hal dukung mendukung di Pilpres 2019

Hanafi yang merupakan putra dari Amien Rais ini kemudian menuding menyeret kepala daerah dalam dukung mendukung di pilpres terkait masalah etika. Sebab, seorang gubernur, bupati maupun wali kota membawahi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diminta netral di pemilu.

Dengan nada menggurui, Hanafi mengatakan sebaiknya kepala daerah apalagi yang baru terpilih, mestinya fokus mewujudkan janji-janji kampanyenya. Bukan malah terlibat dalam politik dukung mendukung.

Pernyataan dari Hanafi Rais terkait adanya keterlibatan dukungan kepala daerah kepada Jokowi adalah tidak benar adanya. Hingga kini tidak ada instruksi atau pernyataan tertulis kepada kepala daerah untuk mendukung Jokowi secara langsung.

Berdasarkan Pasal 71 ayat (1) UU No 10/2016 disebutkan pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri dan kepala desa atau sebutan lain lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Hal tersebut yang masih menjadi pegangan teguh terkait adanya isu dukungan kepala daerah.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS