Kelompok Masyarakat Adat Jabar Percaya Hasanah Sosok Pemimpin Tepat


TASIKMALAYA – Kelompok masyarakat adat Jawa Barat yang mengatasnamakan diri Barisan Olot Masyarakat Adat (BOMA) Jawa Barat menyatakan sikap mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah).

Menurut Ketua Harian BOMA Jawa Barat, Jajang Hadiwiyono, kepercayaan BOMA terhadap dua sosok purnawirawan jenderal tersebut karena sikap tegas yang dimiliki pasangan Hasanah. “Yang paling penting peduli terhadap masyarakat adat dan memahami kultur dan kearifan lokal Jawa Barat itu sendiri,” kata Jajang di Kampung Citamiang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (4/6).

Ia menambahkan, Hasanah memiliki kriteri kepemimpinan yang saling melengkapi dan diyakini mampu membawa perubahan lebih baik untuk Jawa Barat. Selain itu, program yang diusung oleh pasangan Hasanah dirasa cukup berpihak kepada kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat adat yang ada di Jawa Barat. Jajang yakin, sebagai calon pemimpin yang memahami seni dan budaya, Hasan dan Anton akan memberikan perhatian khusus bagi kelestarian adat dan budaya di Jawa Barat.

“Programnya cukup rasional dan bisa diterima,” ujarnya.

Sementara itu, calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau mengatakan, masyarakat adat, seni dan budaya, memiliki potensi untuk diangkat dan dikembangkan menjadi tujuan wisata dalam aspek kearifan lokal Jawa Barat. Menurut dia, seni dan budaya Sunda bukan hanya kebanggaan masyarakat Jawa Barat, akan tetapi identitas bangsa yang harus terus diperkenalkan kepada dunia luar.

“Kearifan lokal harus kita angkat, agar dunia tahu bahwa kita punya kelebihan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain,” tutur mantan anggota Komisi I DPR RI tersebut.

Ia menjelaskan, masyarakat adat yang masih eksis juga bisa dibuatkan Desa Adat. Hal tersebut, sambungnya, bisa mendatangkan wisatawan dan mampu menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar. “Syaratnya ada tiga, destinasi wisata atau atraksi wisata, infrastrukturnya kita bangun dan tentu keamanan harus terjamin,” tuturnya.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS