Kang Hasan: Digitalisasi Pertanian Wujudkan Kedaulatan Pangan di Jabar


CIAMIS – Calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tb Hasanuddin (Kang Hasan) mendukung program digitalisasi pertanian yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Menurut Kang Hasan, sapaan akrab TB Hasanuddin, program digitalisasi pertanian akan membantu kesulitan para petani Jawa Barat, yang memiliki potensi pertanian sangat besar.

“Perkembangan teknologi harus kita manfaatkan di segala bidang, termasuk pertanian. Digitalisasi pertanian merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di tanah Pasundan serta mewujudkan kedaulatan pangan daerah Jawa Barat,” ujarnya.

Program digitalisasi sistem pertanian merupakan program pemerintah pusat yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi di Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, pada Kamis (7/6). Peresmian tersebut juga dibarengi dengan program wirausaha tani.

Dua program itu dikembangkan dalam bentuk sebuah perseroan, yaitu PT Mitra Bumdes Bersama (MBB), yang berada di bawah pembinaan perusahaan-perusahaan BUMN. Sembilan kabupaten di Jawa Barat dipilih untuk pengembangan program tersebut, sebagai perintis kawasan kewirausahaan pertanian, yakni Indramayu, Karawang, Purwakarta, Cianjur, Garut, Ciamis, Sumedang, Majalengka, dan Tasikmalaya.

“Digitalisasi pertanian ini akan menjawab persoalan petani, karena pemerintah hadir mulai dari pratanam, masa tanam, hingga hasil panen,” ujar Kang Hasan.

Mantan anggota Komisi I DPR itu memaparakan, pasangan Hasanah berkomitmen membela petani. Kang Hasan komitmen untuk memberi pembinaan dan pelatihan untuk menumbuhkan kewirausahaan tani, sehingga mereka mampu mewujudkan kemandirian ekonomi dari hasil tani. “Komitmen saya, petani juga harus mampu berwirausaha. Kami akan memberikan pelatihan, modal, hingga pemasaran,” tuturnya.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS