Jokowi Keren, Makassar ke Pare-pare Dapat Ditempuh dengan Kereta Trans Sulawesi


JAKARTA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo masif melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia timur. Salahs atu pembangunan tersebut adalah rel kereta api Trans Sulawesi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi capaian perkembangan proyek rel kereta api yang sudah mencapai 16,1 kilometer dari 145 km rencana lintasan yang menghubungkan Kota Makassar hingga Kota Parepare Sulawesi Selatan.

Rencananya, proyek tersebut akan terus dikembangkan hingga menghubungkan Kota Makassar dan Kota Manado Sulawesi Utara. Budi mengatakan, dalam pembangunan proyek tersebut, tidak menutup kemungkinan akan melibatkan investor asing. Harapannya, pelibatan investor asing dapat meminimalisir penggunaan APBN untuk proyek tersebut.

Budi optimistis proyek rel kereta api Trans Sulawesi akan dapat diselesaikan meski hanya mengandalkan APBN dan APBD. Targetnya, awal tahun 2019 rel kereta api tersebut sudah dapat dioperasikan.

“Kita akan pastikan, bahwa APBN dan APBD bisa membantu untuk pelaksanaannya agar 2019 awal sudah ada yang beroperasi. Yang kita lihat di sini memang suatu pekerjaan yang luar biasa. Artinya kita sudah memulai suatu proyek besar di Sulawesi, di luar Jawa dan Sumatera,” kata Budi.

Ia juga menegaskan, pelibatan investor asing tetap terbuka untuk menunjang pendanaan proyek tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan, pencairan APBN terkait proyek tersebut masih belum jelas. Apalagi proyek itu sempat terhenti akibat terhentinya kucuran anggaran dari pemerintah. “Tetap terbuka untuk investor yang mau gabung. Boleh saja. Sekarang kan masih pakai APBN,” ucapnya.

Budi berharap, proyek rel kereta api Trans Sulawesi tersebut nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan, khususnya bagi lima daerah seperti Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru dan Kota Parepare.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS