Jalur Rajawali Hasanah Solusi Kesetaraan Pembangunan Jabar Selatan dan Utara


JAKARTA – Calon Gubernur nomor 2 untuk Jawa Barat (Jabar) dari PDI Perjuangan, TB Hasanuddin atau biasa disapa Kang Hasan punya program bernama yakni jalur Rajawali, sebagai pembangunan infrastruktur jalan dan jalur kereta api di Selatan Jabar. Hal ini diyakini bisa membuat kesejahteraan sekaligus memberikan kesetaraan pembangunan dibandingkan Jabar bagian utara.

Demikian yang diungkapkan Kang Hasan saat menerima aktivis pemekaran wilayah Jawa Barat Selatan, yang terdiri atas Cianjur Selatan, Abdi Pratama , dari Garut Selatan, Dedi Kurniawan, dari Sukabumi Selatan (Jampang), Kiai Abdul Qodir serta dari Tasikmalaya Selatan, Suryaman.

Dalam Forum diskusi yang bertema‘Kang Hasan Mendengar’ dilakukan di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Rabu (25/4), menurut Ketua Forum Jabar bagian Selatan, Gunawan Undang, pembangunan Jabar Selatan sudah ada payung hukumnya. Hal itu tertuang dalam Perda Provinsi Jabar, nomor 28 tahun 2010, mengenai Pengembangan Wilayah Jawa Barat Bagian Selatan. Landasannya berpegang dari hasil riset ilmiah serta penduduk Jawa Barat yang mencapai 47 Juta jiwa.

“Isu otonomi Jabar merupakan kebutuhan mendesak. Jabar Selatan juga harus dikembangkan seperti bagian Utara yang sudah lebih dahulu maju. Bahkan mengacu pada Perda Provinsi Jabar tahun 2010, harusnya Jabar bisa di mekarkan jadi 34 Kabupaten/Kota. Semoga Kang Hasan bila terpilih menjadi pemimpin Jabar mendatang, mau mewujudkan harapan kami,”ujar Gunawan pada Kang Hasan dalam forum tersebut.

Selain pemekaran, presidium Jabar Selatan wilayah Garut, Dedi Kurniawan pun mengungkapkan harapan agar Kang Hasan memikirkan langkah nyata pembangunan berkelanjutan di Jabar Selatan agar masyarakatnya merasakan kesejahteraan.

“Kalau dibandingkan dengan provinsi lain di pulau Jawa, provinsi Jabar paling tidak berimbang dengan Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Di mereka, jumlah Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk berimbang. Kalau kita (Jabar) tidak ada ketegasan untuk memekarkan wilayah, niscaya Jabar akan sulit bersaing, tertinggal segala-galanya, tidak ada pembangunan di wilayah Selatan Jabar akan dirasakan rakyat,” tegasnya.

Mendengar keinginan pemekaran serta langkah memajukan segera terealisasi di Jabar Selatan, Kang Hasan pun tegas mendukung presidium Jabar Selatan. Menurutnya, Jabar yang luas ini solusi terjadinya pemerataan pembangunan yakni dengan pemekaran. Bahkan kader PDI Perjuangan itu menyatakan siap menjadi tameng masyarakat Jabar Selatan untuk mewujudkan pemekaran.

“Jabar Selatan juga punya hak yang sama dengan Jabar Utara. Sebelumnya hanya utara yang jadi fokus pembangunan, kini waktunya bagian Selatan untuk berkembang. Nantinya angka pengangguran dan kemiskinan bisa di tekan karena perekonomian Jabar Selatan terbantu oleh pembangunan di sana,” kata Kang Hasan.

Langkah pemerataan yang akan pasangan Hasanah akan lakukan bila terpilih memimpin Jabar yakni dengan Program Jalur Rajawali, yakni program pembangunan infrastruktur jalan raya dan jalur kereta api untuk menghubungkan antar wilayah di Jabar utamanya wilayah Selatan Jabar.

“Mari kita bergandengan tangan, gotong royong berjuang bersama. Jabar Selatan itu banyak yang bisa dikembangkan, diantaranya agrobisnis, agrowisata, agroindustri, industri kelautan dan parawisata terpadu. Sebagai langkah awal yakni program jalur Rajawali, infrastruktur jalan dan jalur kereta api di Selatan Jabar,” ajaknya.

Di akhir acara, keempat Presidium juga mendeklarasikan dukungan pada pasangan Hasanah dalam kontestasi Pilgub Jabar 2018 mendatang. Keputusan itu diambil mengingat pasangan Hasanah berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita warga Jabar Selatan.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS