Ingin Pembangunan di Bumi Sriwijaya Lanjut, Kader PAN Sumsel Siap Menangkan Jokowi


JAKARTA – Sejumlah ulama dan umat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tangerang mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Deklarasi tersebut dilakukan usai melakukan silaturahmi di kediaman Ma’ruf di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/12).

“Ikrar Situbondo 12, atas berkat rahmat Allah Yang Maha Esa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur untuk hijrah menuju Indonesia maju,” kata perwakilan ulama, Arief Hidayat.

Dalam kesempatan itu mereka juga membacakan ikrar sebagai dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pertama, berkhidmat menjaga keutuhan negara, kesatuan Republik Indonesia dari potensi ancaman laten baik dari dalam maupun luar. Kedua, berpartisipasi aktif menagamankan pemilu 2019 yang jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ketiga, berperan aktif memelihara Bhinneka Tunggal Ika di masyarakat berpijak pada semangat ukhuawah islamiah, ukhuwah watoniah dan basariah.

Keempat, mengajak masyarakat memilih pemimpin berintegritas, berakhalatul karimah demi masa depan bangsa Indonesia.

Kelima, menyatakan dukungan kepada pasangan capres dan cawapres nomor 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan mengajak seluruh elemen masyarakat memilih pasangan terbaik, sinergi umaro dan ulama pada hari pencoblosan.

Dukungan juga datang dari puluhan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Selatan.Mereka beralasan Jokowi mampu melaksanakan pembangunan, terutama di Bumi Sriwijaya.

Sikap dukungan itu disampaikan sekitar 25 kader PAN dalam deklarasi ‘Kader dan Simpatisan DPW Partai Amanat Nasional Sumatera Selatan mendukung Ir H Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 di sebuah rumah makan di Palembang, Rabu (12/12).

Salah satu penggagas deklarasi, Sholahuddin mengungkapkan dukungan sangat pantas dilakukan lantaran Jokowi sukses dalam hal pembangunan selama empat tahun terakhir. Di Palembang saja, insfrastruktur terbangun, mulai dari Light Rail Transit (LRT), tol, Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI, dan bangunan fisik lainnya.

“Jokowi sukses memimpin dan kami dukung Jokowi menjadi presiden dua periode,” ungkap Sholahuddin.

Menurut dia, sebenarnya banyak kader PAN Sumsel yang mendukung Jokowi terpilih kembali. Hanya saja, mereka tidak menyampaikan secara langsung karena berbenturan dengan partai.

“Banyak yang tidak berani bersuara, memilih diam saja, tetapi pilihan jatuh ke Jokowi-Ma’ruf,” ujarnya.

Atas sikap berseberangan itu, Sholahuddin siap mendapat sanksi dari PAN. Meski demikian, dia berharap pengurus partai bersikap kritis terhadap keputusan partai dan berani mendukung Jokowi-Ma’ruf dibanding Prabowo-Sandi.

“Apapun sanksinya kami terima, ini sikap kami,” kata dia.

Hal senada disampaikan Sumardi, kader PAN Sumsel. Bagi dia, Jokowi-Ma’ruf adalah pilihan hati para kader di daerah. Semestinya, DPP PAN mempertimbangkan kembali menyatakan dukungan dalam pilpres 17 April 2019.

“Pengurus partai harus berjiwa besar dan berpikir dua kali mendukung calon di pilpres ini. Yang mesti didukung itu yang sudah terbukti berhasil, bukan coba-coba,” kata dia.

Menanggapi adanya kader yang membelot langsung direspons pengurus. Ketua Pembinaan Organisasi Keanggotaan (POK) DPW PAN Sumsel, Mardiansyah mengaku kesal adanya deklarasi kepada paslon nomor urut 01 yang mengatasnamakan kader dan simpatisan PAN Sumsel.

“Itu adalah ulah oknum yang selama ini cuma punya kedekatan dengan beberapa pengurus PAN Sumsel, mereka bukan kader apalagi pengurus PAN Sumsel. Kami sesalkan sikap mereka seolah-olah representasi dari kader dan simpatisan PAN,” kata Mardiansyah.

Dikatakannya, deklarasi puluhan orang yang mengaku kader PAN itu hanya bertujuan mencari panggung dan perhatian. Apalagi, Sumsel adalah salah satu basis terbesar Prabowo-Sandi.

“Kita bisa melihat dari deklarasi itu, berapa banyak yang hadir, siapa-siapa saja, banyak sekali kejanggalan. Kami tak ingin PAN Sumsel dimanfaatkan oleh kepentingan picik segelintir oknum yang memang tidak jelas statusnya di DPW PAN Sumsel,” tegasnya.

“Saya pastikan dan yakini pengurus, kader dan simpatisan PAN di Sumsel tetap solid mendukung dan memenangkan Prabowo-Sandi,” tutupnya.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS