Indonesia Diakui Dunia Sebagai Negara Layak Investasi


Jakarta – US News merilis tulisan bertajuk 2018 Best Countries yang diperoleh dari hasil survei terhadap 21.000 orang di seluruh dunia, dimana Indonesia menempati peringkat ke-2 dari 20 negara terbaik untuk investasi dunia.

Hal tersebut merupakan salah satu bukti nyata akan pengakuan dunia internasional terhadap Indonesia sebagai negara yang layak investasi.

Sementara itu, Indonesia mendapatkan peringkat Investment Grade atau layak investasi dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings. Hal ini mengindikasikan keberhasilan strategi Pemerintah RI dalam menjaga kestabilan ekonomi di tengah dinamika perekonomian global.

Realisasi investasi pada semester I 2018 mencapai Rp 361,6 triliun atau 47,3% dari target sebesar Rp 765 triliun, Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp 204,6 triliun atau 42,9% dari target dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sejumlah 157,6 triliun atau 54,6% dari target. Fitch Ratings juga mengafirmasi bahwa Sovoreign Credit Rating Indonesia berada di level BBB/ outlook stabil. Penilaian ini didukung dengan beban utang Pemerintah yang relatif rendah dan prospek pertumbuhan ekonomi yang baik

Lembaga pemeringkat Standard and Poors (S&P) juga mengafirmasi peringkat Indonesia berhasil tetap menduduki level layak investasi. Peringkat ini berdasarkan Sovereign Credit Rating RI yang berada pada level layak investasi, dengan beberapa faktor pendukung diantaranya beban utang Pemerintah yang relatif rendah, serta kinerja fiskal dan tingkat utang luar negeri yang moderat. Afirmasi tersebut akan semakin memperkuat keyakinan para investor terhadap prospek ekonomi Indonesia ditengah ketidakpastian global. (erenmcf)

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS