Indonesia Akan Dihormati Dunia, Ini Indikatornya


Oleh : Aldia Putra*

Ma’ruf Amin selaku calon wakil presiden memastikan bahwa Indonesia merupakan negara yang akan sangat dihormati oleh negara lain. Indikatornya adalah Indonesia terlibat dalam proses perdamaian dan posisi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa – Bangsa (DK PBB). Dalam debat Capres keempat lalu, Prabowo sempat menyinggung duta besar yang menghadiri debat tersebut, “Mau kita diplomasi apa, ini duta besar disini, your excellences, welcome. Apakah kita sadar bahwa sebenarnya kita diejek? Dia senyum di depan kita, tapi we have nothing. We have no power.”

“Saya kira pernyataan Prabowo tentang Indonesia tidak lagi dihormati negara lain, itu tidak betul,” tutur Ma’ruf Amin

Ma’ruf Amin menambahkan, Indonesia juga menjadi tuan rumah pertemuan perdamaian trilateral antara Indonesia, Pakistan dan Afghanistan pada 2008. Indonesia pun aktif dalam membantu menangani konflik di Rakhine State, Myanmar. “Ini menunjukkan peran kita diakui dunia,” tegasnya.

Pada Juni 2018, Indonesia memang telah dipercaya untuk menjadi anggota tidak tetap DK PBB untuk periode 2019 – 2020. Setelah itu, menurut Kiai Ma’ruf, peran diplomasi Indonesia untuk menciptakan perdamaian di dunia menjadi lebih besar lagi. Bahkan Ma’ruf Amin juga diminta oleh Presiden Jokowi untuk melakukan pertemuan dengan kelompok ulama pro dan anti terhadap pemerintah Afghanistan. Dipertemukan juga mereka dengan ulama Pakistan dan Indonesia.

Pada kesempatan berbeda, Jokowi juga pernah mengungkapkan empat alasan yang menjadikan Indodesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Alasan pertama yakni kondisi politik demokrasi Indonesia yang stabil dan damai. Menurutnya, kondisi dalam negeri menjadi pertimbangan besar bagi 144 negara dari 190 negara yang memilih Indonesia.

Kedua, rekam jejak dan kontribusi diplomasi Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia.    Alasan ketiga yakni, Indonesia dianggap memiliki netralitas dan independensi dalam perpolitikan luar negeri. Sementara alasan keempat, kata dia, Indonesia berperan dalam menjembatani perbedaan, termasuk konflik yang terjadi di berbagai negara.

“Perolehan ini merupakan sebuah hasil kerja keras dalam jangka panjang dari diplomat – diplomat kita, diplomat – diplomat Indonesia,” tutur Jokowi.

Joko Widodo menambahkan, keberhasilan Indonesia ini juga merupakan hasil kampanye yang dilakukan saat bertemu dengan para petinggi negara – negara sahabat. Kampanye yang dimaksud adalah pencalonan Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB.

“Tadi saya sudah sampaikan, dari jangka panjang dilakukan secara bersih, tidak menghambur – hamburkan uang dan juga lebih mengedepankan rekam jejak dan visi Indonesia untuk Dewan Keamanan PBB,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan, ada beberapa prioritas Indonesia dalam DK PBB nantinya. Pertama, ingin memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas dengan memperkuat budaya penyelesaian konflik secara damai. Kedua, Indonesia ingin memperkuat sinergi antara organisasi kawasan dan DK PBB. Ketiga, yakni meningkatkan pendekatran komprehensif dalam menangani kejahatan lintas batas termasuk terorisme. Keempat, secara khusus dirinya berpesan kepada Menteri Luar Negeri Menlu untu memberikan prioritas kepada isu palestina. Isu Palestina akan menjadi prioritas bagi Indonesia dalam Dewan Keamanan PBB,” jelasnya.

Sebelumnya, pemungutan suara Majelis Umum PBB memilih Indonesia bersama Jerman, Dominika, Belgia dan Afrika Selatan. Jajak pendapat dilangsungkan di kantor pusat Indonesia berhasil terpilih setelah meraup 144 suara, melampaui jumlah minimal sebanyak 127 suara.

DK PBB merupakan badan yang penting, karena memiliki peran dan tugas untuk menjaga keamanan dan perdamaian internasional. Artinya, Indonesia bisa memanfaatkan kursi anggota tidak tetap tersebut untuk mencegah perang meluas dan terus terjadi. Tentu Indonesia akan dihormati oleh negara lain, sebab Indonesia akan memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global. Untuk itu, Indonesia akan mendorong budaya habit of dialogue agar penyelesaian konflik dapat dilakukan secara damai.

Selain itu Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi juga membawa perjuangan Palestina untuk meraih kemerdekaan penuh ke dalam salah satu agenda sebagai anggota tidak tetap Dean Keamanan PBB. Indonesia selama ini konsisten dan meminta agar Israel tidak menjajah wilayah yang memang menjadi teritori Palestina.

*Penulis adalah Pegiat Media Sosial

 

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS