Hebat! 999 Mantan Teroris Sadar dengan Soft Approach Pemerintahan Jokowi


JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo memang hebat. Seorang teroris yang telah dicuci otak dengan ideologi radikal dapat disadarkan dan kembali ke pangkuan NKRI dengan ideologi Pancasila.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan keamanan Wiranto mengatakan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah melakukan deradikalisasi terhadap 999 orang mantan teroris selama tiga tahun terakhir.

“Kami menggunakan soft approach dengan cara-cara yang lebih manusiawi, dengan cara-cara cerdas, yakni mereka (mantan teroris) dididik kembali dan dibina kembali, pada akhirnya dimasyarakatkan kembali,” kata Wiranto.

Ia menambahkan, dari 999 mantan teroris yang berhasil dibina, 266 orang di antaranya berasal dari dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) dan 733 orang di luar lapas. Terdapat lima program yang dijalankan terkait deradikalisasi. Kelima program tersebut antara lain pembinaan wawasan kebangsaan, pembinaan wawasan keagamaan, pembinaan life skill, pengawasan dan pendampingan mantan teroris, dan pembinaan kewirausahaan.

Menurut Mantan Panglima ABRI ini, pemerintah tidak hanya membina mantan teroris, tetapi juga merangkul mereka untuk ikut terlibat sebagai Pembina program Deradikalisasi dan proaktif melawan penyebaran paham radikal di lingkungan masyarakat. “Sebanyak 50 eks teroris dalam program pencegahan dan deradikalisasi, di mana mereka menjadi pembina sesama mantan teroris,” ujarnya.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS