Hasto Prihatin Sudirman Said Serang Jokowi Soal Freeport di Kontestasi Pilpres


JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan mantan menteri ESDM Sudirman Said telah gagal saat dulu diberi tugas untuk negosiasi dengan Freeport. Maka itu, dia membuat isu-isu Presiden Joko Widodo ( Jokowi) melakukan pertemuan rahasia dengan bos Freeport McMoran saat itu, James R Moffet.

Hasto menilai sikap Sudirman yang kini di kubu Prabowo, sebagai bentuk kegagalan dan kekecewaan dicopot sebagai menteri.

“Sehingga apa pun yang disuarakan oleh Pak Sudirman Said, publik melihat bahwa itu sebagai sebuah bentuk kekecewaan dari pak SS (Sudirman Said),” kata Hasto di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/2) malam.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu menilai, Sudirman memberikan serangan politik di tengah kontestasi Pilpres 2019. Dia menyayangkan sikap tersebut, karena sedianya Sudirman memberikan alternatif kebijakan.

“Kami akan lebih memberikan apresiasi kepada pak SS apabila mampu memberikan kebijakan alternatif di luar yang dilakukan pak Jokowi,” kata dia.

Terkait negosiasi sendiri, kata Hasto paling penting adalah proses saat ini. Bagaimana pemerintahan Jokowi berhasil merebut 51 persen saham Freeport.

Sementara, pihaknya enggan melakukan serangan balik terhadap Sudirman karena menjaga nama kehormatan mantan anak buah Jokowi.

“Kalau kita berbicara hal yang negatif ya kita juga bisa tahu bagaimana proses pak SS menjadi menteri. Kita juga tahu latar belakang mengapa pak SS menjadi menteri dan mengapa presiden mengganti pak SS,” kata Hasto.

Sebelumnya, Sudirman membuka pertemuan rahasia Jokowi dengan bos Freeport McMoran James R Moffet. Menurut Sudirman, ada proses negosiasi kontrak yang merugikan negara yang disetujui Jokowi.

Jokowi langsung menepis pernyataan Sudirman tersebut. Kepala Negara itu menyebut tidak ada pertemuan rahasia. Terpisah, menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan surat kepastian perpanjangan kontrak era menteri ESDM Sudirman Said tak berlaku. Dia melakukan negosiasi baru sampai menguasai saham Freeport.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS