Ganjar Susuri Jalur Tol Weleri-Batang untuk Persiapan Arus Mudik


SEMARANG – Gubernur Jateng nonaktif Ganjar Pranowo memeriksa persiapan infrastruktur menjelang arus mudik lebaran. Salah satu jalur tol yang tak luput dari pantauan calon gubernur Jateng incumbent ini adalah pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang. Pria asal Karanganyar itu, Senin (5/6) menyusuri seksi pengerjaan dari tahap 1 hingga 4, atau lebih tepatnya jalur Weleri-Batang.

Berdasarkan penelusuran Ganjar, terdapat baru satu jalur tol yang dibuka. Rencananya pada H-7 jalur akan dibuka untuk arus mudik dari Barat ke Timur. Sedangkan pascalebaran jalur dibuka untuk arus balik dari Timur ke Barat.

Ganjar juga memeriksa penerangan di jalur ini. Pada beberapa titik, diperolehnya informasi mengenai masih adanya pengerjaan dan agak rawan, namun telah dipasang lampu halogen 100 watt setiap 100 meter. “Bagi para pemudik, karena belum ada penerangan, kita mau pakai tolo-tolo yang ditempeli scotlight. Sehingga tetap harus hati-hati, jangan ngebut. Di sini kecepatan maksimal yang dianjurkan hanya 40 kilometer per jam,” kata Ganjar.

Ganjar melanjutkan memantau persiapan tol sampai Jembatan Kalikuto di Weleri Kendal yang hingga hari ini masih dalam pengerjaan. Direncanakan jembatan yang menjadi perbatasan Batang dan Kendal itu baru bisa dilalui pada H-2.

Berdasarkan informasi, sebelum H-2, pemudik dari Jakarta yang melalui tol CIkampek Palimanan akan dapat melanjutkan perjalanan hingga tol Brebes-Pemalang-Batang. Hanya saja ketika sampai Gringsing, Batang, pemudik akan diarahkan keluar tol dahulu menuju jalur pantura. Pemudik akan masuk lagi tol Batang-Semarang di pintu masuk Weleri Kendal.

“Kalau H-2 sudah bisa melalui jembatan ini, tidak perlu keluar masuk. Dari jakarta lewat tol terus sampai Semarang,” ujar Ganjar.

Dengan berfungsinya tol, dirinya memperkirakan tidak akan ada kemacetan di jalur pantura. “Kecuali yang lewat pantura ya mungkin akan tersendat sedikit di pasar tumpah, putaran u turn, dan antrean di SPBU, lainnya relatif lancar,” katanya lagi.

Namun Ganjar tetap berharap patroli kepolisian dan dinas perhubungan tidak dikendurkan. Sedikitnya, menurutnya ada dua helikopter dan sejumlah mobil patroli di jalur tol dan pantura yang beroperasi tiap hari.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS