Enam Kebijakan Populis Bukti Jokowi Presiden Wong Cilik


JAKARTA – Presiden Joko Widodo merupakan presiden wong cilik. Tidak hanya kedekatan, Jokowi dalam memimpin republik ini beberapa kali juga menerbitkan kebijakan pro rakyat atau disebut populis.

Kebijakan tersebut disukai masyarakat karena berpihak langsung kepada rakyat kebanyakan, bukan pada elit ataupun pemerintahan. Enam kebijakan tersebut adalah:

1. Penerima dan dana PKH bertambah. Dana PKH dari 10 persen menjadi 15-20 persen dari total pengeluaran rumah tangga.

2. Menahan tarif BBM dan listrik. Tarif solar, premium, dan tarif listrik tidak akan naik hingga akhir 2019. Alasannya, pemerintah menjaga daya beli masyarakat yang masih belum pulih.

3. Menambah jumlah premium. Pertamina wajib memasoknya untuk Jawa, Madura, dan Bali. Sebelumnya, premium hanya untuk di luar ketiga wilayah itu.

4. Kenaikan harga BBM nonsubsidi (pertalite, pertamax) harus seizin pemerintah. Kebijakan ini berbeda dengan sebelumnya yang biasanya mengikuti harga pasar dunia. Hal itu dilakukan untuk mengendalikan inflasi.

5. Menurunkan tarif tol. Tarif tol khususunya di jalur baru akan diturunkan sebesar 15-20 persen.

6. THR PNS dan pensiunan. Pemerintahan Jokowi-JK menambah komponen THR bagi PNS. Dan untuk pertama kalinya, pensiunan PNS juga akan mendapat THR.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS