Dukungan Seluruh Indonesia Hanya untuk Jokowi, Caleg PAN Hingga Santri Komitmen Menangkan Jokowi


JAKARTA – Dukungan untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin terus mengalir dan solid. Bahkan kubu oposisi yang dulu menentang habis-habisan, kini berbondong-bondong mendukung Jokowi-Ma’ruf.

Seperti dukungan dari calon anggota legislatif (caleg) Partai Amanat Nasional (PAN). Mereka memutuskan untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf dibandingkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sekjen PAN Eddy Soeparno belum lama ini mengakui, beberapa caleg PAN menolak untuk ikut mengkampanyekan calon yang diusung partainya, yakni Prabowo-Sandi, pada saat turun ke masyarakat. Para caleg itu karena beranggapan Prabowo-Sandi tidak sesuai dengan kehendak konstituen yang lebih mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin.

Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Arya Sinulingga sebelumnya menilai dukungan dari sejumlah caleg PAN kepada pasangan nomor urut 01 membuktikan bahwa koalisi Prabowo-Sandi tidak solid. Selain itu, dukungan itu sekaligus menggambarkan bahwa realitas politik saat ini menunjukkan masyarakat lebih memilih Jokowi-Ma’ruf karena dinilai paling tepat memimpin Indonesia ke depan.

Selain itu, aktivis eks gerakan 212 menyatakan mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Wakil ketua kordinator Eks 212 Amsori menuturkan, terbitnya SK menanandakan sejumlah aktivis yang tergabung dalam ‘Eks 212 Kawal KH Ma’ruf Amin’ resmi menjadi organ pendukung pasangan nomor urut 01.

“Hari ini SK-nya sudah dikeluarkan dari TKN, kepada eks 212 yang dikomandoi pak Razman Arif Nasution,” kata Wakil ketua kordinator Eks 212 Amsori melalui keterangan tertulisnya.

Amsori mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan silatuhrahmi dengan para anggota membahas strategi untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Menimbang, jaringan aktivis eks gerakan 212 di DKI Jakarta sudah terbentuk pada 11 Oktober lalu di Rumah Cemara.

“Ditambah 6 provinsi yakni, Jawa Barat, Banten, Aceh, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung. Kami akan mengagendakan untuk silaturahmi dan membentuk jaringan posko pemenangan dengan para ulama, kiai dan habaib se Nusantara,” ucapnya.

Selain itu, Amsori mengatakan Eks 212 Kawal KH Ma’ruf Aminakan akan mengupayakan kepulanangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air tanpa adanya kendala apapun.

“Kami berupaya Habib Rizieq kembali dari tanah suci ke Tanah Air tanpa ada kendala dengan cara aman dan damai seperti sediakala,” tutupnya.

Sebelumnya, belasan aktivis eks gerakan 212 mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Mereka membentuk kelompok relawan dengan nama ‘Eks 212 kawal KH Ma’ruf Amin’. Deklarasi dilakukan di posko pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin, di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/10)

Dukungan juga mengalir dari pedagang yang tergabung dalam Komite Pedagang Pasar (KPP). Pedagang menyatakan dukungannya kepada capres-cawapres nomor urut 1, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. KPP juga akan meyakinkan seluruh pedagang di pasar-pasar seluruh Indonesia agar mendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Jokowi-Amin menuju Indonesia lagi. Saat ini kita akan muter ke pasar-pasar tradisional dan memastikan pasar-pasar juga mendukung Jokowi-Ma’ruf,” kata Ketua Umum KPP Abdul Rosyid Arsyad di Jakarta, Minggu (21/10).

Alasan KPP memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf. Sebab, selama ini kebijakan Jokowi selalu berpihak pada rakyat, khususnya para pedagang pasar. “Tidak ada harga bahan pokok yang mahal, bisa dicek. Utamanya kan untuk pedangang stabilitas pangan kan. Yang dirasakan stabilitas harga pangan mereka nggak meraskaan harga itu. Memang kemarin harga telur naik tapi kan cepat turun semua,” katanya.

Rosyid memastikan, KPP akan berupaya memenangkan Jokowi di berbagai daerah. Dia dan KKP siap untuk memastikan para pedagang di seluruh Indonesia memberikan suaranya kepada paslon nomor urut 02 itu.

“Alhamdulillah gerakan sosial ini merupakan kegiatan politik, tidak ada biaya dari manapun, ini mutlak biaya dari pedagang. Biarin aja capres-cawapres (Prabowo-Sandiaga) muter ke pasar tapi kita pastikan pasar-pasar mendukung Jokowi-Ma’ruf,” sebutnya.

“Insyaallah kita akan menangkan,” sambungnya.

Rosyid juga mengungkapkan, rencananya, akan ada deklarasi besar-besaran yang akan digelar KPP di semua pasar seluruh Indonesia. Deklarasi untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf itu akan dilaksanakan sekitar bulan November mendatang.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS