Dicegahnya Anies, Paspampres Hanya Ikuti Daftar Nama Panitia


Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Basweden Dicegah Paspampres jelang penyerahan Piala Presiden 2018 dikarenakan anggota Paspampres hanya mengikuti daftar nama dari panitia.

Hal tersebut dijelaskan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudi.

Namun, terpantau bahwa Presiden Jokowi sempat memberikan selamat secara langsung kepada Anies Basweden atas kemenangan Persija.

Menurut Bey, tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia.

“Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo,” ujar Bey melalui keterangan tertulisnya, Minggu (18/2/2018).

Bey menuturkan, mengingat acara tersebut bukan acara kenegaraan, maka panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Untuk diketahui bahwa, sebelum penyerahan piala, Presiden dan Anies Baswedan menonton pertandingan dengan rileks dan akrab.

Terkait kejadian tersebut, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden Maruarar SiraitĀ mengungkapkan, dalam acara penyerahan piala, tidak semua pejabat negara dilibatkan.

“Itu kan pejabat negara enggak semua turun. Mensos Pak Idrus (Marham) juga kan enggak turun. Kepala BIN juga (enggak turun), ya baik-baik saja,” kata politisi PDI-P tersebut di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Acara tersebut bukan merupakan acara kenegaraan sehingga panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS