Di Sydney, Jokowi Sempatkan Diri Jalan Pagi Bersama Para Santri Asal Indonesia


Jakarta – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull memuji kesuksesan Presiden Joko Widodo dalam memimpin negara multikultural seperti Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan dengan 18 santri Indonesia yang tergabung dalam program Kementerian Luar Negeri Outstanding Youth for The World (OYTW) dan sejumlah pelajar Australia di International Convention Centre, Sydney, Sabtu (17/3).

Mereka bertemu Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Mallcolm Turnbull.

“Jadi mengapa Perdana Menteri Australia dan saya sendiri Presiden Indonesia bertemu Anda hari ini di tengah jadwal KTT ASEAN-Australia yang sibuk? Karena Anda adalah masa depan dan suatu hari Anda akan memimpin dunia,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden mengatakan Indonesia dan Australia merupakan negara multikultural. Oleh karena itu Presiden berharap generasi muda bisa mengadopsi nilai-nilai toleransi dan kedamaian.

“Menjadi masyarakat yang beragam itu indah. Ini akan menjadi indah jika kita semua saling menghormati. Saya harap dari usia muda Anda mengadopsi nilai toleransi dan kedamaian,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan oleh PM Turnbull yang mengatakan Indonesia dan Australia adalah  negara yang sama-sama disatukan oleh nilai-nilai politik, kebebasan demokrasi, dan saling menghormati.

Saat bertemu dengan pelajar Australia New Colombo Plan dan pelajar Indonesia, Presiden bertemu tiga penerima NCP asal Australia dan satu penerima Australian Award yang berasal dari Indonesia.Dalam pertemuan itu, Presiden menanyakan soal persepsi mereka tentang Indonesia bagi penerima NCP. “Mereka menjawab persepsinya berubah sebelum dan setelah berkunjung.”

Sebelumnya, pada Sabtu pagi, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi, jalan pagi bersama 18 santri pelajar asal dari berbagai daerah di Indonesia di kawasan Opera House, Sydney, Australia.

Ini pertama kalinya dalam kunjungan resmi kenegaraan pemerintah mengajak khusus santri pemuda-pemudi lintas agama dan budaya dari berbagai daerah untuk turut terlibat.

Para santri pun diikutsertakan dalam sejumlah pertemuan pemuda di Australia.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS