Bukti Jokowi Kerja, Jalan Desa Sepanjang 66 Ribu KM Telah Terbangun


JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo membuktikan komitmen pembangunan merata. Salah satunya dengan membangun desa,

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengklaim pembangunan desa di Indonesia sangat pesat di era Jokowi-JK. Bahkan, pemerintahan Jokowi mencetak banyak rekor baru dalam pembangunan.

Menteri Eko mengatakan, baru di era Jokowi desa mampu membangun 66.000 kilometer (Km) jalan desa. Selain itu, desa di Tanah Air keseluruhan mampu membangun 5.000 Km jembatan dan 38.000 unit penahan longsor. Selain itu, desa juga membangun 16.000 saluran air bersih.

“Ini belum pernah ada dalam sejarah republik ini,” ucap Menteri Eko di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (9/5).

Suksesnya pembangunan tak lepas dari besarnya dana desa yang dialokasikan pemerintah Jokowi untuk membangun desa. Pada 2015, pemerintah mengalokasikan Rp 20,8 triliun. Angka ini terus naik di 2016 menjadi Rp Rp 46 triliun dan naik lagi jadi Rp 60 triliun di 2017. “Tahun depan ini naik lagi jadi Rp 120 triliun,” katanya.

Namun demikian, Eko mengakui banyak pihak yang pesimis dengan dana desa ini. Mereka menanyakan kesiapan desa menyerap dan tersebut. Pada 2015, Eko mengakui penyerapan dana belum maksimal. “Pada 2015, program baru penyerapan memang baru 80 persen, namun kita dikagetkan dengan hasilnya,” kata Eko.

Hasil yang mengagetkan adalah pertumbuhan desa di Indonesia kecuali Sumatera dan Kalimantan mencapai double digit. Di Morowali, desa bahkan tumbuh mencapai 67 persen. “Sumatera dan Kalimantan memang tidak karena tanah mereka banyak dikuasai orang kota,” paparnya.


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS