Budi Gunawan: Masjid Jangan Jadi Tempat Ujaran Kebencian


JAKARTA – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengapresiasi peran positif para ulama/kiai dan para takmir masjid dalam merawat prinsip kebersamaan dan kerukunan kebangsaan di Indonesia.

Menurut BG, masjid harus menjadi pilar ketahanan umat (society resilience) dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Ia meminta takmir masjid dapat menggali dan menginventarisir potensi-potensi yang ada untuk kepentingan umat.

“Baik dari sisi advokasi, pemberdayaan dan sebagainya sehingga kerahmatan Masjid dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata BG saat memberi sambutan di acara silaturahmi dengan Takmir Masjid se-Jawa Tengah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (28/4).

BG menambahkan, pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building training) untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan takmir masjid. Mewujudkan masjid media sebagai penyebaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan pemersatu bangsa,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan BG, takmir masjid harus menjadi garda terdepan dalam membentengi tempat ibadah masing-masing dari paham radikal maupun politik praktis.

“Agar Masjid tidak menjadi tempat penyebaran ujaran kebencian, terutama menjelang tahun-tahun politik seperti saat ini,” pungkasnya.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS