BG: Dinamika Situasi Global Pengaruhi Kondisi Nasional


JAKARTA – Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 di Kantor BIN, Jakarta Selatan, Rabu (24/5). Kepala BIN Jenderal Polisi Budi Gunawan mengatakan, perayaan HUT ke-71 BIN dimaknai sebagai suatu momentum untuk melihat kembali sejarah masa lalu melalui pengabdian BIN kepada bangsa dan negara.

“Melakukan refleksi dan evaluasi perjalanan BIN serta mempersiapkan diri dengan proyeksi ke depan dalam rangka peningkatan peran dan kemampuan BIN,” kata Budi Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/5/2017).

Menurut pria yang akrab disapa BG ini, peran dan fungsi intelijen saat ini dan ke depan akan dihadapkan pada tantangan semakin berat dan kompleks, baik secara nasional, regional, maupun global. Untuk itu, kondisi tersebut harus terus menerus dicermati dan diantisipasi oleh segenap jajaran intelijen negara.

BG menambahkan, dinamika situasi global dan regional secara langsung maupun tidak langsung akan sangat berpengaruh terhadap situasi dan kondisi nasional. Dinamika situasi global dan regional itu terkait ancaman terorisme, radikalisme, fundamentalisme, proxy war dan cyber war, serta persaingan dalam penguasaan sumber energi dan pangan

“BIN berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan penguatan, baik dari sisi kelembagaan organisasi, kemampuan SDM (sumber daya manusia) maupun modernisasi peralatan teknologi intelijen,” ujar BG.

BG mengatakan, BIN juga bertekad untuk terus memberikan darma bakti pengabdian tanpa batas. Hal tersebut dikatakannya untuk mewujudkan BIN yang semakin profesional, obyektif, dan berintegritas dalam rangka menjaga keselamatan, keutuhan dan kedaulatan NKRI.

“Dirgahayu Badan Intelijen Negara. Jayalah Badan Intelijen Negara. Jayalah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Budi.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS