Anggota DPR: Seribu Dewi Gus Ipul-Puti Sesuai dengan Geografis Jatim


Program Seribu Dewi (Desa Wisata) yang menjadi salah satu program andalan pasangan nomor urut dua, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Mbak Puti) dinilai bisa menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat.

Ini terutama masyarakat di sekitar desa wisata. Karena itu target realisasi Seribu Desa Wisata oleh pasangan Cagub-Cawagub nomor urut dua itu tepat untuk menyejahterakan masyarakat.

Anggota DPR RI dari F-PDIP dapil Malang Raya, Andreas Eddy Susetyo mendukung program Seribu Dewi, karena Jawa Timur punya banyak potensi wisata yang bisa dijadikan industri wisata dalam konsep desa wisata. Hal itu juga didukung masyarakat Jawa Timur yang dikenal ramah.

“Program Seribu Dewi ini tepat dikembangkan di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata luar biasa. Alam yang indah, masyarakat yang ramah dan kekayaan kuliner Jawa Timur menjadi faktor pendukung pengembangan desa wisata,” tutur anggota Komisi XI DPR RI ini, Sabtu (5/5).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini menambahkan, program Seribu Dewi juga cocok diterapkan di wilayah Malang Raya yang merupakan daerah pemilihannya. Desa-desa di Malang dengan keindahan alamnya bisa dieksplorasi menjadi desa wisata.

Andreas mencontohkan desa wisata di Pujon kidul Malang, sudah berkembang dengan pesat dan menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Karena itu menggali lebih maksimal potensi pengembangan desa wisata, dirinya telah menggelar diskusi pada Jumat (4/5).

Diskusi yang mengambil tema menangkap peluang pengembangan ekonomi kerakyatan melalui desa wisata itu diikuti tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh budaya dan tokoh perempuan yang berasal dari kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon.

“Dengan adanya desa wisata, sektor transportasi, kuliner, hiburan bahkan homestay akan tumbuh. Dengan demikian, sumber pendapatan dan tingkat kesejahteraan dipastikan akan tumbuh juga” imbuh Andreas.

Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjuangan itu menambahkan, pengembangan atau menciptakan desa wisata baru, selaras dengan agenda prioritas ke-4 pasangan Gus Ipul-Mbak Puti yaitu penumbuhan pusat ekonomi baru. Salah satu sub prioritas itu adalah menciptakan dan mengembangkan seribu desa wisata (Seribu Dewi).

Untuk mendukung program desa wisata tersebut, pasangan Gus Ipul-Mbak Puti akan memprioritaskan peningkatan kualitas akses, fasilitas penunjang dan atraksi serta memfasilitasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) melalui pelatihan manajerial, digital marketing dan akses modal usaha.

“Dengan demikian, warga Malang raya sangat cocok dengan program Seribu Dewi tersebut,” beber Andreas.

Sementara itu, Khoirul, pelaku usaha rental mobil menyampaikan permasalahan tentang semakin meredupnya bisnis jasa rental mobil karena usia armada yang semakin tua sehingga membutuhkan peremajaan. Untuk peremajaan tersebut dibutuhkan biaya yang tidak kecil.

“Kami membutuhkan akses permodalan yang dapat membantu kami,” ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Andreas memberikan solusi searah dengan program Seribu Dewi yaitu akses modal usaha baik melalui lembaga keuangan. Selain itu, Andreas juga memberikan gagasan lain dengan cara kolaborasi dengan pemilik mobil yang lebih layak melalui pendekatan sharing profit. Selain itu, ke depan harus mampu lebih kreatif dengan lebih fokus pada layanan tranportasi dari dan ke desa wisata.

“Caranya menjalin kerjasama dengan agen atau biro pariwisata, menyebarkan pamflet ke stasiun, terminal dan bandara. Dan, jangan lupa manfaatkan fungsi media sosial sebagai alat promosi,” pungkas Andreas.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

DON'T MISS